Sabtu, 20/04/2024 12:20 WIB

Mendapat Tambahan Lahan, Menaker Ida Minta Perluas Jurusan di BLK Kendari

BLK Kendari akan mampu menciptakan tenaga terampil dan kompeten, sekaligus menekan angka pengangguran di Sultra melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di BLK Kendari.

Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu. (Foto: Biro Humas Kemnaker)

Kendari, Jurnas.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari mendapat tambahan lahan seluas 4,58 hektare dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang diperuntukan untuk pembangunan gedung Balai Pelatihan Vokasi bertaraf Internasional.

Luas lahan BLK Kendari yang berlokasi di Jalan DI Panjaitan Nomor 226 kota Kendari, itu, kini bertambah dari sebelumnya hanya 2,1 hektare menjadi 6,7 hektare.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, memberikan apresiasi kepada Gubernur Sultra atas hibah yang diberikan kepada BLK Kendari. Menaker Ida berharap tambahan lahan tersebut semakin memperluas jumlah kejuruan di BLK Kendari.

“Dengan demikian BLK Kendari akan mampu menciptakan tenaga terampil dan kompeten, sekaligus menekan angka pengangguran di Sultra melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di BLK Kendari,“ kata Menaker Ida Fauziyah melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, di Jakarta, Selasa (29/6/2021).

Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu, mengatakan, pemberian lahan hibah seluas 4,58 hektar merupakan bentuk kepercayaan Pemprov Sultra kepada BLK Kendari untuk mengelola lahan tersebut. La Ode berjanji akan membayar kepercayaan yang diberikan secara serius dengan menciptakan SDM andal, kompeten, dan berdaya saing.

“Insyaallah kepercayaan yang dititipkan kepada kami untuk mengelola lahan itu sehingga bisa lebih bermanfaat, akan kami lakukan dengan baik,” kata mantan Mantan Kabag Rumah Tangga Kemnaker RI tersebut.

La Ode mengaku telah memiliki sejumlah rancangan untuk membangun lahan yang telah dihibahkan tersebut dengan membuka dan membangun workshop baru atau kejuruan tambahan di BLK Kendari. Yakni membangun workshop otomotif alat berat dengan program mekanik alat berat dan operator alat berat.

Selanjutnya membangun workshop/kejuruan perhotelan, las industri, perkapalan, perikanan, pertanian, dan workshop pariwisata kelautan. Semua kejuruan baru ini lanjut La Ode, memiliki tingkat kebutuhan tenaga kerja yang besar, khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara bahkan di Kawasan Timur Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan terserbut, dengan ketersediaan lahan yang telah dihibahkan, La Ode menegaskan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi harapan Gubernur Sultra dan DPRD Sultra pada rapat paripurna 23 Juni lalu, serta masyarakat Sultra.

“Yakni untuk menciptakan tenaga kerja kompeten sesuai kebutuhan pasar kerja dan siap pakai, serta BLK Kendari turut memiliki peran besar mengurangi angka pengangguran di Sultra,” ujarnya.

La Ode juga berharap adanya proses penyerahan hibah tanah tersebut, nantinya BLK Kendari mampu menjadi Balai Pelatihan Kerja bertaraf internasional yang memiliki daya saing tinggi dalam menciptakan angkatan kerja dan  menjadi salah satu BLK yang maju dan bersinergi program dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Menaker Ida BLK Kendari La Ode




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :