Kamis, 25/04/2024 18:15 WIB

Balon Udara Panas Renggut 5 Nyawa di Amerika Serikat

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 7 pagi di sisi barat kota, kata juru bicara polisi Gilbert Gallegos. 

Kru Penyelamatan Kebakaran Albuquerque bekerja pada korban kecelakaan balon yang fatal di Unser dan Central SW di Albuquerque, N.M., pada hari Sabtu, 26 Juni 2021. Beberapa orang tewas dalam kecelakaan itu. (Adolphe Pierre-Louis/The Albuquerque Journal via AP)

Albuquerque, Jurnas.com - Sebuah balon udara panas menabrak kabel listrik dan jatuh ke jalan yang ramai di Albuquerque di negara bagian New Mexico, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (26/6). Akibat insiden itu, lima orang didalamnya semua tewas.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 7 pagi di sisi barat kota, kata juru bicara polisi Gilbert Gallegos. Polisi mengidentifikasi dua penumpang sebagai Martin Martinez, 59, dan Mary Martinez, 62 - orang tua dari petugas transportasi penjara dengan Departemen Kepolisian Albuquerque.

"Sayangnya, 4 orang meninggal akibat luka-luka mereka akibat kecelakaan balon udara," kata polisi Albuquerque di Twitter, menambahkan bahwa satu orang dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis.

Pihak berwenang mengatakan Sabtu malam bahwa pria dewasa itu meninggal karena luka-lukanya. "Doa kami untuk teman dan keluarga dari kelima orang yang secara tragis kehilangan nyawa mereka," kata polisi di Twitter.

Polisi tidak segera merilis nama-nama lainnya tetapi mengatakan pilot laki-laki, dan seorang penumpang perempuan dan laki-laki berasal dari pusat New Mexico.

Martin Martinez juga pernah bekerja untuk polisi Albuquerque dalam patroli sepeda tetapi yang terakhir adalah seorang sersan di kepolisian distrik sekolah setempat, kata pihak berwenang. Beberapa petugas Albuquerque yang menanggapi kecelakaan itu telah bekerja dengannya dan dipulangkan karena itu merugikan mereka, kata Kepala polisi Harold Medina.

"Ini benar-benar menekankan poin bahwa tidak peduli seberapa besar kita berpikir, kita masih merupakan komunitas yang erat dan insiden seperti ini mempengaruhi kita semua," kata Medina.

Distrik Sekolah Umum Albuquerque mengatakan Martin Martinez akan selamanya dikenang atas dedikasi seumur hidup, keberanian, dan tidak mementingkan diri sendiri pada profesi penegak hukum.

Persimpangan tempat balon jatuh masih ditutup Sabtu sore. Balon warna-warni telah mengitari bagian atas kabel listrik, mengirimkan setidaknya satu aliran listrik yang menggantung dan untuk sementara padam ke lebih dari 13.000 rumah, kata juru bicara polisi Gilbert Gallegos.

Gondola itu jatuh sekitar 30 meter dan jatuh di median jalan, terbakar, kata Administrasi Penerbangan Federal. Para pengamat dengan panik memanggil alat pemadam api untuk memadamkan api dan berdoa dengan suara keras, video yang diposting online menunjukkan.

Amplop balon melayang, akhirnya mendarat di atap perumahan, kata Gallegos. FAA tidak segera memiliki rincian pendaftaran untuk balon itu tetapi mengidentifikasinya sebagai Cameron 0-120.

Pihak berwenang belum menentukan apa yang menyebabkan kecelakaan itu. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengirim dua penyelidik ke tempat kejadian pada hari Sabtu yang akan memeriksa pilot, balon itu sendiri dan lingkungan operasi, kata juru bicara Peter Knudson. Laporan awal biasanya tersedia dalam beberapa minggu.

Gallegos mengatakan balon udara panas bisa sulit dikendalikan, terutama saat angin bertiup kencang.

"Para penerbang balon kami cenderung sangat ahli dalam bernavigasi, tetapi terkadang kami mengalami kecelakaan tragis semacam ini," katanya.

Albuquerque adalah kiblat untuk balon udara panas. Kota ini menyelenggarakan acara sembilan hari di bulan Oktober yang menarik ratusan ribu penonton dan pilot dari seluruh dunia. Ini adalah salah satu acara yang paling banyak difoto secara global.

Penduduk daerah Albuquerque disuguhi pajangan balon warna-warni yang mengambang di atas rumah dan di sepanjang Rio Grande sepanjang tahun. Meskipun kecelakaan tidak umum, itu terjadi.

Ini adalah tragedi yang secara unik dirasakan dan menghantam keras di rumah di sini di Albuquerque dan di komunitas balon,” kata Walikota Albuquerque Tim Keller.

Sejak 2008, telah terjadi 12 kecelakaan balon udara panas yang fatal di AS, menurut database NTSB. Dua di antaranya terjadi di Rio Rancho di luar Albuquerque, termasuk satu di bulan Januari di mana seorang penumpang yang terlempar dari gondola setelah pendaratan keras meninggal karena luka-lukanya.

Pada 2016 di negara tetangga Texas, sebuah balon udara panas menabrak kabel listrik tegangan tinggi sebelum menabrak padang rumput di bagian tengah negara bagian itu. Semua 16 orang di dalamnya tewas. Otoritas federal mengatakan pada saat itu adalah bencana terburuk dalam sejarah AS. (Agensi/rw)

KEYWORD :

Balon Udara Amerika Serikat Kecelakaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :