Jum'at, 19/04/2024 13:22 WIB

Kasus Covid 19 Meluas, KKP Beri Panduan Sanitasi Plus Kepada UPI

Dengan menerapkan panduan ini secara konsisten sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing, pemasok atau UPI diharapkan dapat terus mempertahankan kinerjanya.

Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.Com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), membagikan panduan Sanitasi dan Higiene Plus pengendalian risiko Covid-19 di Unit Penanganan dan Pengolahan Ikan (UPI).

KKP bergerak cepat merespons kasus Covid-19 di berbagai daerah. Guna menjaga produktivitas industri perikanan, khususnya skala menengah besar orientasi pasar ekspor.

"KKP, khususnya Ditjen PDSPKP, serta Dinas Kelautan dan Perikanan setempat siap memberikan bimbingan penerapan panduan ini," kata Direktur Jenderal PDSPKP, Artati Widiarti di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Artati mengungkapkan, seluruh pemasok dan UPI harus memperkuat penerapan prinsip-prinsip Sanitasi dan Higiene “Plus” sebagaimana disebutkan dalam panduan tersebut untuk memberikan perlindungan pada karyawannya, dan juga produk perikanan yang ditangani atau diolah.

Sementara jajarannya, terus melakukan berbagai upaya mitigasi risiko melalui pembinaan dan sosialisasi secara masif kepada pemasok dan UPI untuk menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat dan termonitor selama kegiatan penanganan dan pengolahan ikan.

"Dengan menerapkan panduan ini secara konsisten sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing, pemasok atau UPI diharapkan dapat terus mempertahankan kinerjanya," sambungnya.

Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Ditjen PDSPKP Trisna Ningsih, menjelaskan, “Buku ini sudah melengkapi bimbingan teknis tentang Standar Operasional Prosedur Pengendalian Covid di UPI yang kami laksanakan pandemi Covid-19 ini berlangsung,” ungkap Trisna.

Sebagai informasi, panduan telah disebar ke seluruh UPI di Indonesia dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi/Kabupaten/Kota. Selain itu, panduan ini juga bisa diunduh di  https://bit.ly/35qbAwr atau laman https://kkp.go.id/djpdspkp .

KEYWORD :

KKP Artati Widiarti Panduan Sanitasi dan Higiene UPI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :