Sabtu, 20/04/2024 21:24 WIB

Pembunuh Jamal Khashoggi Dilatih di AS

Tier 1 Group didirikan untuk melatih personel militer AS. Tetapi ketika anggaran pelatihan militer AS mulai menyusut, perusahaan itu, seperti perusahaan keamanan swasta lainnya, mencari klien baru. 

Seorang pengunjuk rasa mengenakan topeng bergambar Putra Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman di sebelah poster jurnalis Saudi yang terbunuh Jamal Khashoggi pada 25 Oktober 2018 [YASIN AKGUL/AFP/Getty Images]

Jakarta, Jurnas.com - Empat warga Saudi yang berpartisipasi dalam pembunuhan kolumnis Jamal Khashoggi tahun 2018 menerima pelatihan paramiliter di Amerika Serikat pada tahun sebelumnya di bawah kontrak yang disetujui oleh Departemen Luar Negeri AS.

Hal itu dilaporkan New York Times kemarin dalam sebuah artikel sensasional yang mengungkap sejauh mana Washington telah menjalin hubungan dengan negara otokratis bahkan ketika agen-agennya melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan.

Pelatihan diberikan oleh Tier 1 Group, yang dimiliki oleh perusahaan ekuitas swasta. Meskipun perusahaan mengklaim bahwa pelatihan itu bersifat defensif dan dirancang untuk melindungi para pemimpin Saudi, Times menunjuk pada bahaya kemitraan militer dengan pemerintah yang represif dan memperingatkan bahwa ada pengawasan hak atas pasukan tersebut setelah mereka kembali ke rumah.

Tier 1 Group didirikan untuk melatih personel militer AS. Tetapi ketika anggaran pelatihan militer AS mulai menyusut, perusahaan itu, seperti perusahaan keamanan swasta lainnya, mencari klien baru. 

Pada 2014, mulai melatih unit militer asing, termasuk Saudi. Pelatihnya dikatakan termasuk mantan karyawan kelompok tentara bayaran Blackwater yang terkenal kejam.

Departemen Luar Negeri awalnya memberikan lisensi untuk pelatihan paramiliter Garda Kerajaan Saudi ke Grup Tingkat 1 mulai tahun 2014, selama pemerintahan Obama. Pelatihan berlanjut setidaknya selama tahun pertama masa jabatan mantan Presiden Donald Trump.

Dokumen yang diperoleh Times dari seorang eksekutif senior Cerberus, perusahaan induk Tier 1 Group menunjukkan bahwa empat anggota regu pembunuh Khashoggi telah menerima pelatihan Tier 1 Group pada tahun 2017, dan dua di antaranya telah berpartisipasi dalam pelatihan sebelumnya, yang berlangsung dari Oktober 2014 hingga Januari 2015.

"Pelatihan yang diberikan tidak terkait dengan tindakan keji mereka selanjutnya," kata eksekutif tersebut, merujuk pada pembunuhan Khashoggi. 

Eksekutif tersebut juga menegaskan bahwa pelatihan itu "bersifat protektif" dan bahwa perusahaan tidak melakukan pelatihan lebih lanjut terhadap warga Saudi setelah Desember 2017.

Sementara Times merilis rincian baru mengenai pelatihan yang diberikan oleh Grup Tier 1, ada spekulasi pada awal 2019 mengenai hubungan perusahaan dengan pembunuh Saudi. 

Sebuah artikel di Washington Post mengklaim bahwa beberapa anggota Pasukan Intervensi Cepat Saudi (RIF) yang dikirim ke Istanbul untuk membunuh Khashoggi menerima pelatihan di AS dan bahwa CIA telah memperingatkan lembaga pemerintah lainnya bahwa beberapa pelatihan operasi khusus mungkin akan dilakukan. telah dilakukan oleh Tier 1 Group.

Khashoggi, seorang warga AS yang menulis kolom opini untuk Washington Post mengkritik Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman. 

Dia dibunuh dan dipotong - potong oleh tim operasi yang terkait dengan pangeran di konsulat kerajaan di Istanbul pada Oktober 2018. Sebuah laporan intelijen AS pada Februari mengatakan putra mahkota telah menyetujui operasi untuk menangkap atau membunuh jurnalis itu.

Peran operasi dari apa yang disebut Pasukan Intervensi Cepat dalam pembunuhan Khashoggi membantu memperkuat kasus intelijen Amerika bahwa Pangeran Mohammed menyetujui operasi tersebut. 

"Anggota RIF tidak akan berpartisipasi" dalam pembunuhan itu tanpa persetujuannya, menurut laporan itu. Kelompok itu "ada untuk membela putra mahkota" dan "hanya menjawab dia," tambah dokumen itu. (Middleeast).

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Pembunuhan Jurnalis Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :