Kamis, 25/04/2024 10:37 WIB

DPR Dukung Rencana Menteri Siti Siapkan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar

Kalangan dewan mengapresiasi rencana program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang menyiapkan pembukaan lahan tanpa bakar.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi NasDem, Yessy Melania. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan dewan mengapresiasi rencana program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang menyiapkan pembukaan lahan tanpa bakar.

Anggota Komisi IV DPR RI, Yessy Melania menjelaskan, pihaknya juga mendukung Kementerian LHK dalam upaya percepatan realisasi anggaran di Tahun 2021 yang sudah mencapai 32 Persen.

"Kami dari Fraksi Nasdem memberikan apresiasi dan terus beri dukungan terhadap realisasi dan upaya percepatan realisasi anggaran di tahun 2021 per hari ini yang sudah capai 32%," ujar Yessy dalam Raker Komisi IV DPR RI Bersama Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Rabu (23/6).

Politisi Partai Nasdem ini juga memberikan dukungan terhadap Kementerian LHK dalam menyikapi isu aktual yang terjadi saat ini.

Bukan tanpa alasan, menurut Yessy, program Kementerian LHK seperti penyiapan lahan bakar dan emisi karbon merupakan isu krusial yang terjadi di masyarakat saat ini terutama di Indonesia terutama Kalimantan Barat.

"Nah ini terus kami beri dukungan dan apresiasi juga terkait isu aktual seperti penyiapan lahan tanpa bakar dan emisi karbon juga karena dua poin ini memang isu yang krusial," katanya.

Politisi asal Kalimantan Barat tersebut juga memaparkan terkait penyiapan lahan tanpa bakar sudah lama untuk segera direalisasikan.

"Kemudian penyiapan lahan tanpa bakar ini juga kami sudah lama mendorong ini karena Efek dari karhutla luar biasa kami sebagai masyarakat adat banyak beban juga," paparnya.

Yessy menjelaskan, saat ini posisi masyarakat adat cenderung dikambinghitamkan oleh beberapa korporasi. Dampaknya, bisa terjadi sebuah gejolak sosial di masyarakat.

"Masyarakat adat ini cenderung dikambinghitamkan oleh korporasi dan ini rawan terjadi gejolak sosial di masyarakat," tutupnya.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IV DPR Yessy Melania KLHK Lahan NasDem Siti Nurbaya Bakar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :