Jum'at, 19/04/2024 11:34 WIB

Warga Argentina Kenang 35 Tahun Gol Tangan Tuhan Maradona

Maradona mencetak dua gol melawan Inggris dalam kemenangan 2-1 di perempat final Piala Dunia 1986, yang kedua adalah gol solo yang sering digolongkan sebagai gol terbesar yang pernah dicetak.

Penggemar superstar sepak bola Argentina Diego Armado Maradona merayakan ulang tahun ke-35 sang idola dari gol abad ini, melawan Inggris selama Piala Dunia 1986 yang dimainkan di Meksiko, di Buenos Aires, Argentina 22 Juni 2021. Reuters/Agustin Marcarian

Buenos Aires, Jurnas.com - Hari ini, tepat 35 tahun yang lalu ketika Diego Maradona menjadi aktor penentu kemenangan Argentina saat melawan Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986.

Tanggal itu juga tidak luput dari perhatian di Argentina, di mana rekan-rekan senegaranya mengenang "gol abad ini" dengan perayaan sorak-sorai dan tepuk tangan secara nasional.

Maradona mencetak dua gol melawan Inggris dalam kemenangan 2-1 di perempat final Piala Dunia 1986, yang kedua adalah gol solo yang sering digolongkan sebagai gol terbesar yang pernah dicetak.

Untuk mengingat prestasi itu, warga Argentina turun ke jendela, balkon, dan taman mereka untuk berteriak "Gooooooooool!" tepat pukul 16:09, saat tepat bola membentur gawang di Stadion Aztec pada 22 Juni 1986.

"Golnya sangat luar biasa sehingga membuat seluruh negeri menjadi delirium," kenang Leonardo Oliver, seorang muralis Buenos Aires.

Ketika Maradona meninggal tahun lalu, Argentina berkabung dengan pertunjukan kesedihan yang menggambarkan betapa berartinya dia bagi negara yang belum pernah memenangkan Piala Dunia sejak membawa mereka meraih gelar di Meksiko pada 1986.

Asosiasi Sepak Bola Argentina mendorong orang-orang untuk mengingat mantan pemain Napoli dan Boca Juniors dengan menonton ulang atau mendengarkan kembali komentar gol "pada volume tertinggi."

"Ketika bola masuk lagi, mari kita berteriak agar mereka mendengarnya di surga," katanya dalam sebuah unggahan di media sosial.

Di seluruh negeri, ribuan orang mengunduh video dan wajib.

Namun, tidak ada selebrasi gol pertama Maradona dalam pertandingan tersebut, yang ia cetak empat menit sebelumnya pada pukul 16:05. Maradona membuat Argentina unggul 1-0 dengan meninju bola melewati kiper Inggris Peter Shilton.

Gol itu, katanya, dicetak oleh “tangan Tuhan.” (Reuters)

KEYWORD :

Gol Tangan Tuhan Diego Maradona Piala Dunia 1986 Argentina Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :