Jum'at, 19/04/2024 04:37 WIB

Catat, Kemenpora Tak Tahu Soal Turnamen Catur yang Digelar Bamsoet!

Jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) angkat bicara soal turnamun catur Indonesia Master yang diselenggarakan oleh salah satu petinggi negara.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) angkat bicara soal turnamun catur Indonesia Master yang diselenggarakan oleh salah satu petinggi negara.

Menurut Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, pihaknya tak pernah mendapatkan pemberitahuan terkait turnamen yang melibatkan sejumlah Grand master catur tersebut.

"Jadi kami tidak tahu ada turnamen itu. Prinsipnya kami sangat terbuka pada siapapun, cabang olahraga manapun yang ingin menggunakan atribut Piala Menpora dalam kegiatannya. Tapi kan ada prosedurnya," kata Gatot kepada wartawan, Senin (21/6).

Sejatinya, lanjut dia, ada sejumlah prosedur yang harus dilakukan. Pertama harus ada pengajuan ke Kemenpora secara resmi. Kedua, yang mengajukan harus dari federasi cabang olahraga bersangkutan dan ketiga lingkup kegiatan harus nasional.

Hanya saja, sampai turnamen itu digulirkan belum ada pengajuan yang dibuat federasi catur Indonesia atau Percasi. Beda halnya ketika beberapa waktu lalu ada turnamen Piala Menpora di lapangan hijau sebagai turnamen pramusim menjelang kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang telah berlangsung.

Selain itu, ada juga turnamen e-sport dan kompetisi sepak bola kategori U-14 yang juga memakai atribut nama Piala Menpora.

"Kami sangat welcome. Kami menghormati tujuan itu, tapi lebih baik jangan gunakan Piala Menpora kepada publik, kami lakukan pemberitahuan bahwa kegiatan itu tanpa sepengetahuan kami,” terang Gatot.

"Lebih baik itu tidak digunakan. Kami tegaskan, jangan digunakan. Karena ketentuannya ada. Ini supaya jangan sampai kalau dibiarkan ada event lain yang mencatut nama Piala Menpora. Kami tidak pandang bulu pakai nama besar siapapun. Tapi kalau tidak ada approval dari kami, nanti dulu," imbuhnya.

Sebelumnya diketahui Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menggelar turnamen catur nasional Indonesia Master yang memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI dan Piala Tetap Menpora pada Sabtu (19/6).i

Hingga Minggu (20/6), Gatot menyebut tidak ada pernah permintaan izin menggunakan label Piala Menpora dalam kejuaraan catur tersebut.

Turnamen yang melibatkan pecatur-pecatur berlabel Grand Master Indonesia itu digelar di Lobby Gedung Nusantara V MPR/DPR Jakarta sekaligus disiarkan melalui live streaming melalui kanal youtube Bamsoet Channel.

Grandmaster Susanto Megaranto, Grandmaster Cerdas Barus, Grandmaster Novendra Priasmoro, dan Grandmaster Women Medina Warda Aulia turut ambil bagian di ajang ini.

KEYWORD :

Kemenpora Turnamen Catur Indonesia Master Bambang Soesatyo Piala Menpora




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :