Jum'at, 19/04/2024 10:57 WIB

Produk UMKM Perikanan Perlu Sentuhan Inovatif

Inovasi produk, tambah Artati, tidak harus selalu menghasilkan jenis produk baru namun juga dapat memperbaiki jenis produk yang sudah ada dengan sentuhan baru yang lebih menarik dan diminati masyarakat.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Artati Widiarti mengatakan, produk UMKM Perikanan, perlu sentuhan inovatif, dalam pengelolaan usaha secara digital dalam menghadapi pasar, di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara bimbingan teknis penggunaan aplikasi buku kas online, Good Manufacturing Practices-Standard Sanitation Operational Procedure (GMP-SSOP), yang diikuti UMKM Perikanan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

“Produk perikanan siap santap dan siap masak saat ini lebih digemari masyarakat. Ikan pindang tetap digemari masyarakat pada umumnya, namun perlu adanya pengembangan produk olahan ikan yang inovatif, praktis dan menarik karena itulah yang paling laris di era digital saat ini,” ujarnya, Sabtu (19/6/2021).

Inovasi produk, tambah Artati, tidak harus selalu menghasilkan jenis produk baru namun juga dapat memperbaiki jenis produk yang sudah ada dengan sentuhan baru yang lebih menarik dan diminati masyarakat. menghasilkan hasil perikanan harus diterapkan sesuai kaidah jaminan mutu dan keamanan pangan.

“Untuk itu, Ditjen PDSPKP melalui Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) yang memiliki satuan kerja di wilayah Kota Mataram telah memberikan bekal bimbingan kepada UMKM perikanan,” kata Artati.

Sementara itu, Kepala BBP3KP, Widya Rusyanto, mengatakan, awal pekan ini sekitar 25 UMKM Perikanan di Kota Mataram, memperoleh bimbingan teknis penggunaan aplikasi buku kas online, Good Manufacturing Practices-Standard Sanitation Operational Procedure (GMP-SSOP) dan tampilan produk membuat Samosa Ikan Tuna dan pengolahan pindang tulang lunak (presto).

“Aplikasi buku kas online yang diajarkan merupakan aplikasi pengelolaan keuangan yang mudah dan praktis digunakan, pembukuan bisa dibuat dimana saja dengan handphone,” terang Widya.

KEYWORD :

KKP Inovasi UMKM Digital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :