Sabtu, 20/04/2024 00:43 WIB

Senjata Canggih Dua Pasukan Elit Indonesia

SIG MPX merupakan senjata yang didesain pada tahun 2013 dan baru diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 2015

Jakarta - Senjata menjadi andalan seorang prajurit dalam menunaikan tugasnya. Bagaimanapun senjata yang selalu siap siaga berada digenggaman seorang prajurit, dituntut memiliki kecanggihan dengan berbagai manfaat dan kegunaan.

SIG MPX, sebuah senjata berlaras yang diperuntukkan bagi dua pasukan elit di Indonesia. Senjata ini masih tergolong sebagai produk mutakhir. Pasalnya, SIG MPX merupakan senjata yang didesain pada tahun 2013 dan baru diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 2015.

SIG MPX dipromosikan sebagai SMG pertama yang mengusung fitur bersistem piston, fully closed dan roating bolt. Kelebihan fitur tersebut disebut-sebut memiliki jaminan lebih bagi keselamatan si penembak dalam menggunakan senjatanya.

Senjata ini dikuatkan dengan tekhnologi short stroke push rod gas system guna meningkatkan presesi saat penembakan. Sehingga, saat peluru dilepaskan tidak membuat hentakan keras ketubuh si penembak.

SIG MPX digadang-gadang menjadi pesaing utama berbagai kecanggihan senjata jenis MP5. Hanya saja, SIG MPX masih ternilai tidak semenonjol MP5 mengingat kelebihan varian dan aksesoris yang dimilikinya lebih banyak. Kendati demikian, SIG MPX mendapatkan ruang pasar yang cukup besar terutama di Amerika Serikat.

SIG MPX menjadi salah satu senjata dengan efisiensi yang baik. Pasalnya, komponen senjata modular ini dapat diganti sesuai kebutuhan.

Secara tampilan, desain SIG MPX menunjukkan performa yang mewarisi M16 dan karabin M4. Popularitas kedua senjata yang usia kemunculannya lebih tua itu memang cukup laten dikalangan militer berbagai negara-negara di dunia. Mungkin dengan alasan itu, sehingga perancangnya sengaja mendesain style control pada area picu SIG MPX mengikuti M16.

Sementara itu, receiver SIG mPX dibuat dari bahan dasar aluminium alloy. Dengan begitu berpengaruh pada kemudahan senjata dipasangi berbagai model teropong serta alat bidik lainnya. Disatu sisi, pada bagian atas receiver hingga laras terpasang picatinny rail.

Di sadur dari indomilter.com, setidaknya terdapat dua pasukan elit Indonesia menggunakan SIG MPX. Diantaranya, satuan elit Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) yang merupakan pasukan anti-teror yang dimiliki Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Kedua, Detasemen Khusus (Densus) 88 yang juga mengemban tugas anti-teror dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

KEYWORD :

Alutsista Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :