Selasa, 23/04/2024 23:57 WIB

PBNU Singgung Perusuh Nodai Aksi Damai 4 November

Said mengatakan ketidakyakinannya, peristiwa bentrok antara aparat dengan demonstran yang dipicu umat Islam yang ikut aksi.

Jakarta - Ketua umum PBNU KH. Said Aqil Sirodj menyinggung terjadinya kericuhan pada aksi damai 4 November Jumat lalu. Said mengatakan ketidakyakinannya, peristiwa bentrok antara aparat dengan demonstran dipicu oleh umat islam yang ikut aksi.

"Adapun mengenai kericuhan yang ditimbulkan, kami tidak yakin bahwa itu dilakukan para pengunjuk rasa #AksiDamai4/11," ujar Said setelah menerima kunjungan presiden Joko Widodo (Jokowi) di kantor PBNU, jalan Kramat, Jakarta, Senin sore (7/11/2016).

Said meminta agar aparat kepolisian segera menindak para perusuh yang menurutnya memiliki tujuan untuk menodai niat luhur dari aksi damai 4 November.

"Kami justru menengarai hal itu dilakukan oleh kelompok yang ingin merusak kemurnian dan niat suci dari tujuan gerakan Aksi Damai 4 November," ungkapnya.

Dalam pernyataannya itu, Said juga mengapresiasi Aksi Damai 4 November. Ia menilai aksi tersebut merupakan upaya umat Islam mengingatkan agar Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menjadi fokus utama dalam kasus penistaan agama memiliki sifat mawas diri sebagai seorang pemimpin.

Sebelumnya, presiden Jokowi mengunjungi kantor PBNU dalam rangka bersilaturrahmi dengan sejumlah ulama PBNU. Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Sirodj, Rais Aam PBNU KH. Ma`ruf Amin dan Sekjend PBNU Helmy Faisal. Sementara itu, Jokowi datang dengan didampingi Menteri Sekretaris Negara M. Pratikno.

KEYWORD :

Demo 4 November Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Sirodj




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :