Jum'at, 26/04/2024 01:08 WIB

Begini Sosok Pembunuh Anggota Wanita HDP Deniz Poyraz

Pelaku penyerangan kantor partai rakyat demokratik (HDP) di Izmir Turki berhasil diringkus petugas kepolisian tak lama setelah kejadian itu terjadi.

Pelaku penyerangan kantor HDP (foto: Duvar english)

Jakarta, Jurnas.com - Pelaku penyerangan kantor partai rakyat demokratik (HDP) di Izmir Turki berhasil diringkus petugas kepolisian tak lama setelah kejadian itu terjadi.

Pelaku yang membakar gedung Partai Rakyat Demokratik (HDP) dan membunuh satu anggota wanita partai tersebut diketahui bernama Onur Gencer. Sementara korban tewas bernama Deniz Poyraz.

Dilansir Duvar, Kamis (17/06), pihak berwenang Turki mengatakan bahwa Gencer adalah dulunya seorang pegawai kesehatan. 

Sementara, dalam pernyataan pertamanya di bawah penahanan, Gencer mengklaim bahwa dia tidak terkait dengan kelompok mana pun dan dia melakukan serangan itu murni karena dia membenci Partai Pekerja Kurdistan (PKK). 

Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa di Turki dan sekutu sayap kanannya Partai Gerakan Nasionalis (MHP) sering menuduh HDP memiliki hubungan dengan PKK. Sementara HDP menyangkal hal ini, upaya untuk mengkriminalisasi partai telah berlangsung selama bertahun-tahun. 

Gencer ternyata juga dikenal sebagai seorang anggota senior geng kriminal sayap kanan Turki yang dilarang di Jerman yang dekat dengan pemerintah Turki. 

Bahkan dari postingan-postingan di media sosialnya menunjukkan bahwa ia memang dekat dengan para pejabat Turki. Salah satunya saat ia berpose bersama Menteri Dalam Negeri Turki, Süleyman Soylu.

Gencer juga dikabarkan merupakan pengusaha muda di media pro-pemerintah karena keterlibatannya dalam bisnis gas bumi.  Ia juga senang mengoleksi mobil-mobil mewah.

Ia juga pernah menerima penghargaan untuk "kewirausahaan" dalam kegiatan Penghargaan Kota Terbaik pada tahun 2019 lalu.

 

KEYWORD :

Deniz Poyraz Anggota HDP Izmir Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :