Jum'at, 19/04/2024 09:11 WIB

Ini Pemegang Ban Kapten Madrid pasca Ramos Hengkang

Sergio Ramos mengakhiri karir 16 tahunnya di Real Madrid, usai Los Blancos mengumumkan kepergian kapten penyumbang trofi terbanyak itu.

Sergio Ramos (Independent)

Jakarta, Jurnas.com - Sergio Ramos mengakhiri karir 16 tahunnya di Real Madrid, usai Los Blancos mengumumkan kepergian kapten penyumbang trofi terbanyak itu.

Pertanyaan yang muncul, siapa pemegang ban kapten El Real pasca Ramos hengkang? Jawabannya adalah Marcelo. Pemain Brasil itu akan menjadi kapten non-Spanyol pertama di Santiago Bernabeu.

Jauh sebelum Marcelo, dikutip dari Marca pada Rabu (17/6), pada 1904 silam atau 117 tahun yang lalu, Federico Revuelto asal Guatemala pernah menjadi kapten Real Madrid.

Real Madrid memang memiliki tradisi khusus untuk urusan pemegang ban kapten. Kapten diberikan kepada pemain yang paling lama di tim utama. Karena itu tak heran, Marcelo yang sudah 15 tahun di Madrid, akan diberi ban kapten.

Namun mengingat peran Marcelo terbatas di lapangan, terutama setelah hadirnya Ferland Mendy di posisinnya, maka ban kapten akan dipakai oleh pemain terlama lainnya, Karim Benzema.

Tradisi ban kapten Madrid menuai kritik di masa lalu. Jose Mourinho pernah enggan memberikan kapten kepada Iker Casillas, karena ia ingin pemain luar. Permohonan itu ditolak mentah-mentah oleh klub.

Dan sejak mengambil alih sebagai kapten klub dari Iker Casillas pada 2015 silam, Sergio Ramos berhasil memimpin tim ke dalam periode luar biasa, dengan torehan 12 trofi, termasuk tiga gelar Liga Champions berturut-turut dari 2016 hingga 2018.

KEYWORD :

Sergio Ramos Real Madrid Ban Kapten




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :