Sabtu, 20/04/2024 12:57 WIB

Motor

Motor Listrik Gesits Uji Jalan Keliling Jawa-Bali

Motor listrik hasil kerja sama ITS dan PT Garansindo, Gesits, yang ditampilkan pada 3 Mei 2016 lalu, resmi melakukan uji jalan keliling Jawa dan Bali, Senin (7/11).

Gesits Tour de Jawa Bali / Garansindo

Jakarta – Motor listrik hasil kerja sama ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan PT Garansindo, Gesits, yang ditampilkan pada 3 Mei 2016 lalu, resmi melakukan uji jalan keliling Jawa dan Bali, Senin (7/11).

Bertempat di kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta. Acara pelepasan rombongan Gesits dilakukan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, bersama perwakilan Korlantas Polri, Presiden Institut Otomotif Indonesia Made Dana Tangkas, serta anggota dari Garansindo dan ITS.

Dengan mengusung tema Gesits Tour De Jawa Bali, sebanyak lima unit motor listrik hasil hibah riset Kemenristekdikti melakukan uji coba jalan mulai dari tanggal 7 hingga 12 November 2016 mendatang. Sebelumnya, motor Gesits ini telah melalui proses pengujian yang meliputi pengujian laboratorium dan pengujian jalan raya.

“Tujuan dari tour ini adalah untuk menguji kehandalan, ketahanan dan kepraktisan dari sepeda motor listrik Gesits, serta sekaligus sosialisasi Gesit kepada masyarakat luas,” ujar Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo Group, di sela-sela acara.

Menurutnya, lewat kegiatan ini diharapkan tim peneliti mendapatkan banyak masukan dan evaluasi untuk penyempurnaan Gesits ke depannya, yang rencananya akan diproduksi massal oleh Garansindo pada pertengahan 2017 mendatang.

Sebagai informasi motor listrik yang disematkan di Gesits memiliki daya 5kW yang dapat memungkinkan pengendara menggeber kecepatan maksimum hingga 100 km per jam.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu maka sekali pengisian motor Gesits dapat digunakan untuk menempuh perjalananan sejauh 100 kilometer. Baterai pada motor ini juga didesain untuk dapat ditukar guna memberikan kemudahan saat pengisian.

Bicara tampilannya prototipe sepeda motor listrik ini memiliki warna dominan hitam dan bentuk yang mengakomodasi selera pengguna sepeda motor saat ini. Tak hanya itu, Gesits mempunyai aplikasi monitoring yang dapat dibuka melalui smartphone dengan operating system Android sehingga ke depan dapat di buka untuk dikembangkan kepada seluruh konsumen. [yog]

 

 

KEYWORD :

Motor Listrik Gesit ITS Garansindo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :