Kamis, 18/04/2024 13:09 WIB

Kim Jong Un Sebut Situasi Makanan Korea Utara Genting

Kim Jong Un mengatakan, ekonomi secara keseluruhan telah meningkat pada paruh pertama tahun ini, dengan total output industri tumbuh 25 persen dari tahun sebelumnya, kata KCNA.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un (Foto: Getty Images/AFP)

Seoul, Jurnas.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mengatakan, ekonomi negaranya membaik tahun ini tetapi menyerukan langkah-langkah untuk mengatasi situasi pangan "tegang" yang disebabkan pandemi COVID-19 dan topan tahun lalu.

Kim Jong Un memimpin rapat pleno komite pusat Partai Buruh yang berkuasa pada Selasa (15/6) untuk meninjau kemajuan kebijakan utama dan langkah-langkah kerajinan untuk menyelesaikan masalah ekonomi, menurut kantor berita resmi KCNA.

Komite menetapkan tujuan dan tugas untuk mencapai rencana ekonomi lima tahun baru yang digariskan pada sesi sebelumnya di bulan Februari, termasuk peningkatan produksi makanan dan logam.

Kim Jong Un mengatakan, ekonomi secara keseluruhan telah meningkat pada paruh pertama tahun ini, dengan total output industri tumbuh 25 persen dari tahun sebelumnya, kata KCNA.

Tetapi ada serangkaian penyimpangan dalam upaya partai untuk melaksanakan rencana tersebut karena beberapa kendala, katanya, menyoroti persediaan makanan yang terbatas.

"Situasi pangan masyarakat sekarang semakin tegang karena sektor pertanian gagal memenuhi rencana produksi biji-bijian karena kerusakan akibat topan tahun lalu," kata Kim.

Partai berjanji untuk mengarahkan semua upaya pertanian tahun ini dan membahas cara-cara untuk mengatasi pandemi COVID-19, kata KCNA.

Kim Jong Un menyerukan langkah-langkah untuk meminimalkan dampak bencana alam sebagai pelajaran dari tahun lalu dan kunci untuk mencapai tujuan tahun ini.

Pada bulan Januari, Kim mengatakan rencana ekonomi lima tahun sebelumnya telah gagal di hampir setiap sektor, di tengah kekurangan listrik dan makanan kronis yang diperburuk oleh sanksi, pandemi, dan banjir.

Dia juga mengatakan pandemi yang berlarut-larut mengharuskan partai untuk meningkatkan upaya menyediakan makanan, pakaian, dan perumahan bagi rakyat, kata KCNA.

Korea Utara belum secara resmi mengkonfirmasi kasus COVID-19, klaim yang dipertanyakan oleh pejabat Seoul. Tetapi negara tertutup itu telah memberlakukan tindakan anti-virus yang ketat termasuk penutupan perbatasan dan pembatasan perjalanan domestik.

COVAX, sebuah inisiatif global untuk berbagi vaksin COVID-19 dengan negara-negara miskin, mengatakan akan memberikan hampir 2 juta dosis ke Korea Utara tetapi pengirimannya telah tertunda di tengah konsultasi yang berlarut-larut. (Reuters)

KEYWORD :

Korea Utara Kim Jong Un Krisis Pangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :