Rabu, 24/04/2024 08:42 WIB

PM Thailand Mohon Maaf karena Keterlambatan Vaksinasi COVID-19

Sejauh ini 4,76 juta dari lebih dari 66 juta penduduk Thailand telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19.

Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha (foto: NationMultimedia)

Bangkok, Jurnas.com - Perdana Menteri ThailandPrayut Chan-o-cha meminta maaf atas penundaan vaksinasi COVID-19, sementara ribuan perusahaan swasta dan organisasi publik berlomba mengamankan dosis yang diimpor oleh akademi yang didukung kerajaan.

Prayut mengatakan, penahanan disebabkan oleh masalah pasokan dan distribusi, setelah beberapa rumah sakit di Bangkok terpaksa menunda jadwal vaksinasi minggu ini.

"Saya minta maaf atas masalah ini dan ingin bertanggung jawab penuh untuk menyelesaikannya," kata Prayut kepada wartawan pada Selasa (15/6). "Kami akan mencoba mengelola ini dengan lebih baik ke depan."

Sejauh ini 4,76 juta dari lebih dari 66 juta penduduk Thailand telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19.

Strategi Thailand sangat bergantung pada perusahaan lokal yang dimiliki oleh rajanya, yang membuat vaksin AstraZeneca untuk didistribusikan di Asia Tenggara, tetapi harus menunda dan mengurangi beberapa pengiriman.

Thailand telah berebut untuk mendapatkan lebih banyak vaksin dan mendiversifikasi merek dalam beberapa bulan terakhir.

Hampir 7.000 organisasi, termasuk perusahaan swasta dan organisasi provinsi, sedang mencari "vaksin alternatif" dari sebuah akademi yang diketuai oleh adik bungsu raja, Putri Chulabhorn, kata akademi itu.

Dikatakan pekan lalu bahwa 1 juta dosis vaksin Sinopharm harus tersedia mulai 20 Juni.

Opas Karnkawinpong dari Departemen Pengendalian Penyakit mengatakan dia memperkirakan 6,5 juta dosis vaksin virus corona akan didistribusikan secara total bulan ini, di mana 3,5 juta di antaranya telah dikirimkan. (Reuters)

KEYWORD :

Thailand Prayut Chan-o-cha Vaksinasi COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :