Jum'at, 19/04/2024 13:31 WIB

Wamendag Dorong Jatim Ikuti Jejak Jateng Manfaatkan SRG

Dikatakan oleh Wamendag Jerry saat meminta rapat koordinasi SRG, pemanfaatan SRG terbukti berhasil meningkatkan komoditas lokal.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memantau SRG di Brebes (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menyusul kesuksesan mendorong kinerja Sistem Resi Gudang (SRG) di Jawa Tengah (Jateng), Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meminta Jawa Timur (Jatim) melakukan upaya serupa.

Dikatakan oleh Wamendag Jerry saat meminta rapat koordinasi SRG, pemanfaatan SRG terbukti berhasil meningkatkan komoditas lokal.

"Di Jawa Tengah kemarin ada beberapa SRG yang naik kelas. Di Brebes untuk bawang merah makin aktif dalam hal pembiayaan, di Kudus yang sebelumnya tidak digunakan dan tidak ada pengelola, sekarang sudah ada pengelola, demikian juga di Purworejo. Karena itu kita ingin daerah lain harus terus didorong juga," ujar Wamendag kepada awak media.

Potensi di Jawa Timur menurut Jerry tidak kalah dari Jawa Tengah dalam hal komoditas. Ia menyebut beberapa komoditas seperti beras, jagung, garam, kopi dan tembakau.

"Jangan lupa juga ada komoditas lain seperti kedelai, ikan dan gula," ungkap dia.

Di Jawa Timur terdapat 23 gudang SRG yang didirikan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang sudah dihibahkan ke pemerintah daerah, serta beberapa gudang SRG milik swasta. Gudang-gudang milik pemerintah inilah yang saat ini sedang berusaha ditingkatkan.

"Ini tantangan yang menarik karena dari 23 gudang baru kurang dari seperempatnya yang berfungsi. Kita berharap tahun ini yang sudah difungsikan bisa mencapai dua kali lipat dari sekarang," tambah Wamendag.

Mengingat status gudang sudah dihibahkan ke pemkab, maka menurut Jerry pemerintah daerah perlu didorong, diberikan sosialisasi dan fasilitasi agar gudang bisa berfungsi sebagaimana yang diharapkan.

Bagi Jerry, para Bupati sebenarnya juga sangat ingin fasilitas di daerahnya bisa berkinerja optimal, tetapi beberapa hal mungkin menjadi penghambat.

"Tugas Kemendag dalam hal ini Bappebti adalah mendengarkan dan memetakan masalah Daerah dan bersama Pemda mencari solusi bersama sesuai dengan tupoksi masing-masing," papar Jerry.

Belajar dari upaya di Jawa Tengah, Wamendag menyebut bahwa beberapa hal yang menghambat SRG antara lain mengenai pembiayaan, komitmen dan profesionalitas pengelola, akses pasar dan pengetahuan petani. Karena itu dia dan Bappebti berkomitmen memberikan dukungan dan fasilitasi pada sektor-sektor dimaksud.

Acara rakor SRG di Jawa Timur diikuti oleh 17 kepala daerah yang punya SRG antara lain dari Nganjuk, Ngawi, Kediri, Banyuwangi, Sidoarjo, Sumenep, Jombang, Kediri, Tuban, Lamongan, Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Blitar.

Jerry sendiri secara khusus mengapresiasi semangat dan antusiasme para bupati dan wakil Bupati. Menurut Wamendag, itu bisa jadi modal awal untuk menjalin kerja sama yang intensif dalam rangka memajukan SRG.

KEYWORD :

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga SRG Sistem Resi Gudang Jawa Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :