Kamis, 25/04/2024 23:27 WIB

Ngobrol dengan Astronot, Apa yang Dibahas Mbappe?

Kylian Mbappe memberikan pendapatnya tentang penerapan sains dalam sepak bola. Dia juga menekankan telah memperhatikan kemajuannya sejak mulai bermain sepak bola secara profesional.

Selebrasi Mbappe usai menjebol gawang Barcelona (foto: FansBarca)

Paris, Jurnas.com - Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe memberikan pendapatnya tentang penerapan sains dalam sepak bola. Dia juga menekankan telah memperhatikan kemajuannya sejak mulai bermain sepak bola secara profesional.

Dalam obrolan konferensi video dengan astronot Thomas Pesquet, yang saat ini berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Mbappe ditanya bagaimana statistik canggih telah memengaruhi sepak bola selama beberapa tahun terakhir.

"Itu selalu ada," jawab Mbappe dalam percakapan yang diselenggarakan oleh UEFA dikutip dari Marca pada Rabu (9/6).

"Saya pikir tidak ada yang tersisa untuk peluang dalam sepak bola hari ini. Dan saya sudah berada di sepak bola profesional selama empat, lima tahun sekarang, dan saya sudah melihat perkembangan itu, jadi saya tidak bisa membayangkan seperti apa bagi mereka yang lebih tua dari saya dan sudah ada lebih lama," sambung dia.

"Tapi saya juga punya pertanyaan: apa yang Anda lakukan di luar angkasa? Sudahkah Anda menemukan sesuatu?" lanjut Mbappe.

Pesquet memberikan tanggapan terperinci. Dia menjelaskan mengenai berbagai aspek yang menjadi fokus para ilmuwan selama penelitian.

"Kami melakukan cukup banyak penelitian medis, tentang fisiologi dan sel induk," jawab Pesquet.

"Ada fenomena di mana jika Anda menghabiskan enam bulan di luar angkasa, seolah-olah tubuh Anda berusia sepuluh tahun: Anda kehilangan otot karena Anda tidak menggunakannya, Anda kehilangan massa tulang, karena Anda tidak perlu menopang berat badanmu," imbuh dia.

"Anda sedikit mengalami atrofi. Para ilmuwan menyukainya, karena Anda melihat apa yang terjadi dengan sel, DNA, dan lain-lain, dan mereka pikir mereka bahkan mungkin dapat memahami kunci penuaan," kata Pesquet.

Menurut laporan Le Parisien, Mbappe akan membuat keputusan tentang masa depannya begitu dia melihat proyek Paris Saint-Germain musim depan, karena dia ingin klub Prancis itu berjuang untuk setiap trofi yang tersedia, termasuk Liga Champions.

Mbappe telah menekankan pada beberapa kesempatan bahwa faktor utama yang akan menentukan keputusannya adalah apakah dia pikir dia dapat mencapai kesuksesan besar di klub.

KEYWORD :

Kylian Mbappe Astronot Thomas Pesquet Paris Saint-Germain




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :