Jum'at, 19/04/2024 14:59 WIB

Presiden Prancis Emmanuel Macron Ditampar Saat Kunjungan

Rekaman video di media sosial menunjukkan Macron mendekati penghalang untuk bertemu dan berjabat tangan dengan pemilih, di mana seorang pria berkaus hijau memegang sikunya dan mengucapkan beberapa patah kata sebelum menamparnya.

Emmanuel Macron

Tain-l`Hermitage, Jurnas.com - Presiden Prancis Emmanuel Macron ditampar seorang pria saat tengah melakukan kunjungan kerja. Macron ditampar saat menyapa kerumunan di tenggara Prancis pada Selasa (8/6)

Rekaman video di media sosial menunjukkan Macron mendekati penghalang untuk bertemu dan berjabat tangan dengan pemilih, di mana seorang pria berkaus hijau memegang sikunya dan mengucapkan beberapa patah kata sebelum menamparnya.

Pengawal Macron dengan cepat turun tangan dan dua orang ditahan setelah itu. "Sekitar pukul 13:15 presiden masuk ke mobilnya setelah mengunjungi sekolah menengah, tetapi kembali karena penonton memanggilnya," kata prefektur untuk wilayah Drome.

"Dia pergi menemui mereka dan saat itulah insiden itu terjadi," katanya.

Dua pria berusia 28 tahun yang tinggal di wilayah itu sedang diinterogasi, kata kantor kejaksaan setempat, tetapi pada tahap interogasi ini, motif mereka masih belum diketahui.

Serangan di desa Tain-l`Hermitage di wilayah Drome memicu kemarahan di seluruh spektrum politik dan menutupi apa yang disebut Macron sebagai tur mendengarkan untuk mengambil denyut nadi negara.

"Politik tidak akan pernah bisa menjadi kekerasan, agresi verbal, apalagi agresi fisik," kata Perdana Menteri Jean Castex mengatakan kepada parlemen, menambahkan bahwa melalui presiden, demokrasilah yang menjadi sasaran.

Macron melanjutkan perjalanannya setelah itu, kata seorang ajudan, yang menggambarkan insiden itu sebagai usaha tamparan meskipun rekaman video menunjukkan pria itu melakukan kontak dengan wajah presiden.

Dalam video insiden itu, seseorang terdengar berteriak "Ganyang Makronisme!"

Macron, yang tetap menjadi sosok yang sangat memecah belah, secara luas diperkirakan akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua dalam pemilihan presiden tahun depan dan jajak pendapat menunjukkan dia unggul tipis atas pemimpin sayap kanan Marine Le Pen.

Tur nasional terbarunya mencakup sekitar puluhan perhentian selama dua bulan ke depan, dengan mantan bankir investasi itu ingin bertemu pemilih secara langsung setelah lebih dari satu tahun manajemen krisis selama pandemi COVID-19.

Tapi inisiatif temu-dan-sapa sebelumnya telah melihat reformis disalahgunakan secara verbal. Tur 2018 untuk menandai seratus tahun berakhirnya Perang Dunia I melihat adegan warga yang marah dan mencemoohnya.

Itu terjadi tepat ketika protes rompi kuning anti-pemerintah mengumpulkan momentum untuk mengecam kebijakan pemerintah dan Macron secara pribadi karena gaya kepemimpinannya, yang dikritik sebagai penyendiri dan arogan.

Pada Juli tahun lalu, Macron dan istrinya Brigitte dilecehkan secara verbal oleh sekelompok pengunjuk rasa saat berjalan-jalan dadakan melalui taman Tuileries di pusat kota Paris pada Hari Bastille.

Sesaat sebelum ditampar, Macron diminta untuk mengomentari pernyataan baru-baru ini dari pemimpin sayap kiri Jean-Luc Melenchon, yang menyarankan pada akhir pekan bahwa pemilihan tahun depan akan dimanipulasi.

"Kehidupan demokratis membutuhkan ketenangan dan rasa hormat, dari semua orang, politisi, dan juga warga negara," kata Macron.

Dalam momen persatuan nasional yang langka, bahkan kritikus dan saingan politiknya yang paling sengit datang untuk membelanya pada hari Selasa.

Melenchon mengatakan dia berdiri dalam solidaritas dengan presiden, sementara Le Pen menyebut tamparan itu "tidak dapat diterima dan sangat tercela dalam demokrasi."

Namun tamparan itu kemungkinan akan memicu perdebatan di Prancis tentang iklim politik yang merusak hanya dua minggu dari putaran pertama pemilihan regional dan 10 bulan dari pemilihan presiden April mendatang.

"Tegang di mana-mana," komentar anggota parlemen partai berkuasa Patrick Vignal. "Kampanye ini bau dan itu karena kepribadiannya. Tidak ada yang akan keluar sebagai pemenang."

Pada tahun 2011, presiden sayap kanan Nicolas Sarkozy mengalami ketakutan keamanan di barat daya Prancis ketika dia dicengkeram bahunya oleh seorang pegawai pemerintah lokal berusia 32 tahun. (AFP)

KEYWORD :

Prancis Emmanuel Macron Macron Ditampar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :