Jum'at, 26/04/2024 02:36 WIB

Prabowo Tepati Janji Membuat Patung Bung Karno Naik Kuda

Hari lahir Bung Karno

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri akan meresmikan sebuah patung Proklamator Kemerdekaan RI, Ir. Soekarno di depan gedung utama Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Minggu (6/6/2021).

Pembuatan patung Bung Karno ini sekaligus memenuhi janji dan niatan Prabowo, yang ingin membuat sebuah patung Soekarno naik kuda. Janji itu diucapkannya ketika kunjungan ke Akademi Militer Magelang pada Februari 2020.

"Kita menyambut patung ini akhirnya terealisasi berdiri. Apalagi peresmian patung ini bersamaan dengan momentum Bulan Bung Karno," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Jakarta, Minggu (6/6/2021).

"Sehingga momen ini semakin hikmat dan bermakna karena hari ini merupakan hari lahir Bung Karno," tambah Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menyebut Bung Karno tidak hanya milik bangsa Indonesia, tetapi juga telah mengukir sejarah bagi dunia.

Atas dasar hal tersebut, Prabowo berarti telah menempatkan kesejarahan Bung Karno dengan TNI. Juga mengenang jasa-jasa Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan besarnya perhatian Presiden Pertama RI di bidang pertahanan. Sehingga pada masa itu, angkatan bersenjata RI tercatat salah satu yang terkuat di Asia.

"Kemenhan mewujudkan apresiasinya dengan membangun patung Bung Karno," papar Hasto.

Untuk diketahui, kala peresmian patung Bung Karno di Akmil Magelang, dihadapan Megawati, Prabowo  mengungkapkan niatnya membuat patung Bung Karno yang tengah menunggang kuda.

"Saya sampaikan, Kemenhan juga punya rencana membikin patung Bung Karno tapi di atas kuda," ucap Prabowo kala itu.

Pada agenda ini, Hasto mengatakan dirinya bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly akan turut menghadiri acara.

Sedangkan Megawati Soekarnoputri akan didampingi oleh Mas Prananda Prabowo, kepala situation room PDIP.

Hasto menjelaskan berdasarkan susunan acara yang diterima dari panitia, susunan acara peresmian patung Presiden Soekarno yang akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini diawali Menhan menyambut kedatangan Megawati dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dilanjutkan pembacaan teks Pancasila.

"Setelah itu, pidato Menteri Pertahanan, Pak Prabowo dan dilanjutkan sambutan Ibu Megawati Soekarnoputri mewakili keluarga Presiden Soekarno," jelas Hasto.

Usai itu, disambung dengan prosesi peresmian patung Bung Karno dengan penandatanganan prasasti oleh Megawati dan penekanan tombol peresmian patung Bung Karno.

"Dalam berbagai kesempatan, Ibu Megawati selalu berpesan saat kita melihat patung Bung Karno, diharapkan kita akan ingat pada ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan pengabdian beliau kepada bangsa Indonesia, serta menginspirasi kita sebagai generasi penerus untuk terus berjuang demi Indonesia Raya," ucap pria kelahiran Yogyakarta itu.

Pada pertengahan Mei lalu, dalam kapasitas sebagai Presiden kelima RI Megawati juga didaulat untuk meresmikan patung Bung Karno di depan Kantor Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI).

Agenda peresmian patung Bung Karno di gedung Kemenhan ini bisa disaksikan melalui kanal Youtube Kemenhan RI dan PDIP.

KEYWORD :

Bulan Bung Karno Prabowo Subianto Megawati Soekarnoputri naik kuda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :