Jum'at, 19/04/2024 03:16 WIB

Hari Lingkungan Hidup Se Dunia, Pemprov DKI Usung Tema "Jakarta Sadar Sampah"

Tema ini diangkat karena upaya penanganan dan pengurangan sampah dari sumber merupakan salah satu upaya untuk merestorasi ekosistem bumi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.Com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengusung tema "Jakarta Sadar Sampah" dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin mengatakan, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah "Restorasi Ekosistem". Sedangkan, DKI Jakarta mengusung tema khusus "Jakarta Sadar Sampah".

"Tema ini diangkat karena upaya penanganan dan pengurangan sampah dari sumber merupakan salah satu upaya untuk merestorasi ekosistem bumi," ujarnya, Jumat (4/6).

Syaripudin merinci, sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah melaksanakan uji coba pemilahan dan pengangkutan sampah terjadwal di 147 RW percontohan pada tanggal 1 Juni 2021 lalu.

Kemudian, aksi penanaman Mangrove di Kepulauan Seribu dan ada podcast yang mengangkat isu Restorasi Ekosistem: Penerapan 0 Sampah di Keseharian Kita pada 2 Juni 2021.

"Kami juga mengadakan bimbingan teknis tentang penangan sampah laut dengan teknologi pirolisis pada 3 Juni. Selain itu, akan diadakan uji emisi gratis pada 5 Juni mendatang," terangnya.

"Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia akan dilaksanakan secara daring dan langsung di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, 5 Juni 2021 pada pukul 19.00 sampai 20.30 yang diakhiri dengan aksi pemadaman lampu. Peserta daring dapat mengakses tautan bit.ly/hlh2021", tandasnya. (Afif Alwi)

KEYWORD :

DKI Jakarta Hari Lingkungan Hidup Ekosistem Sampah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :