Kamis, 25/04/2024 15:29 WIB

Jepang Beri Taiwan 1,24 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca

Jepang menyetujui vaksin AstraZeneca bulan lalu dan mengontrak untuk membeli 120 juta dosis. 

Petugas kesehatan menyiapkan dosis Covishield, vaksin virus corona Covid-19 dari AstraZeneca / Oxford pada 29 Januari 2021 [ISHARA S. KODIKARA / AFP

Tokyo, Jurnas.com - Jepang akan memberi Taiwan 1,24 juta dosis vaksin virus corona AstraZeneca secara gratis, kata Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi pada Jumat (4 Juni), hanya beberapa jam sebelum pengiriman dijadwalkan.

"Kami telah menerima permintaan dari berbagai negara dan wilayah untuk penyediaan vaksin," kata Motegi kepada wartawan di Tokyo.

"Saat ini, kami telah menyelesaikan pengaturan permintaan dari Taiwan. Dan kami akan memberikan 1,24 juta dosis vaksin AstraZeneca gratis yang telah diproduksi di Jepang," tambahnya.

Motegi mengatakan vaksin itu akan ditangani melalui kedutaan yang setara di pulau itu dan akan tiba di Taiwan pada Jumat (4/6) malam.

Taiwan sedang berjuang melawan lonjakan infeksi domestik dan telah memvaksinasi kurang dari 3 persen dari populasinya.

Jepang telah mengontrak untuk mendapatkan lebih dari 300 juta dosis vaksin virus corona dari Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca, lebih dari cukup untuk mencakup seluruh populasinya.

"Hubungan antara Taiwan dan Jepang selalu sangat dekat, dan persahabatan kami kuat dan dalam," kata Kementerian Luar Negeri Taiwan dalam sebuah pernyataan.

"Setiap kali terjadi bencana atau kecelakaan, kedua belah pihak segera saling membantu dan mengirimkan bantuan pada saat dibutuhkan."

Jepang menyetujui vaksin AstraZeneca bulan lalu dan mengontrak untuk membeli 120 juta dosis. Tetapi tidak ada rencana segera untuk menggunakan vaksin itu, di tengah kekhawatiran yang terus berlanjut yang diangkat secara internasional atas pembekuan darah. (Agencies/CNA)

KEYWORD :

Jepang Vaksin COVID-19 AstraZeneca




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :