Rabu, 24/04/2024 14:19 WIB

Human Rights Watch Sebut Houthi Blokir Vaksin COVID-19

Yaman menerima 360.000 dosis vaksin AstraZeneca pada 31 Maret, yang pertama dari 1,9 juta dosis yang diberikan tahun ini melalui program Covax untuk negara-negara miskin.

Iran diketahui memasok senjata ke milisi Houthi di Yaman (Foto: AFP)

Jeddah, Jurnas.com - Milisi Houthi yang didukung Iran pada Selasa dituduh mempertaruhkan nyawa di Yaman utara dengan memblokir akses orang ke vaksin virus corona (COVID-19).

Disadur dari Arab News, Human Rights Watch mengatakan, para pemimpin Houthi telah menyembunyikan informasi tentang bahaya COVID-19 dan prevalensi penyakit di wilayah di bawah kendali mereka, termasuk ibu kota, Sanaa.

"Sejak awal pandemi di Yaman pada April 2020, pejabat Houthi secara aktif menyebarkan disinformasi tentang virus dan vaksin," kata wakil direktur kelompok hak asasi Timur Tengah, Michael Page.

"Keputusan yang disengaja dari otoritas Houthi untuk merahasiakan jumlah sebenarnya kasus COVID-19 dan penentangan mereka terhadap vaksin membuat nyawa orang Yaman dalam bahaya.

"Berpura-pura COVID-19 tidak ada bukanlah strategi mitigasi dan hanya akan menimbulkan penderitaan massal. Mengingat sistem perawatan kesehatan yang melemah di Yaman, otoritas Houthi setidaknya harus memastikan transparansi sehingga warga sipil yang tinggal di daerah mereka dapat memahami skala pandemi dan memfasilitasi rencana vaksinasi internasional yang memenuhi kebutuhan di lapangan."

Yaman menerima 360.000 dosis vaksin AstraZeneca pada 31 Maret, yang pertama dari 1,9 juta dosis yang diberikan tahun ini melalui program Covax untuk negara-negara miskin.

Kampanye vaksinasi COVID-19 Yaman dimulai di daerah-daerah yang dikuasai pemerintah pada 20 April, memberikan dorongan pada sistem perawatan kesehatan yang hancur oleh perang, keruntuhan ekonomi, dan kekurangan dana bantuan kemanusiaan.

Sejumlah 10.000 dari dosis yang ditujukan untuk daerah-daerah yang dikuasai Houthi telah terjebak dalam perselisihan antara pihak-pihak tentang bagaimana hal itu akan diberikan, menurut sumber bantuan kemanusiaan dan pejabat Yaman.

Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia di Yaman, Adham Abdel-Moneim, mengatakan 10.000 dosis vaksin telah tiba di bandara Sanaa pada hari Senin dan sekarang dalam penyimpanan dingin.

Pihak berwenang Houthi, yang mengendalikan Sanaa dan sebagian besar daerah perkotaan utama di Yaman utara, tidak memberikan angka infeksi COVID-19 atau kematian sejak beberapa kasus pada Mei 2020. Tetapi jumlah kasus yang dikonfirmasi di seluruh Yaman mulai meningkat pesat pada pertengahan Februari. 

Komite darurat coronavirus pemerintah telah mencatat 6.742 infeksi virus corona dan 1.321 kematian sejauh ini, meskipun angka sebenarnya secara luas dianggap jauh lebih tinggi karena perang telah membatasi pengujian dan pelaporan COVID-19.

Para pemimpin senior Houthi telah menolak virus corona sebagai konspirasi. “Amerika memikul tanggung jawab utama atas epidemi COVID-19,” kata kepala milisi Abdul Malik Al-Houthi tahun lalu.

KEYWORD :

Human Rights Watch Houthi Vaksin COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :