Jum'at, 26/04/2024 05:21 WIB

Presiden Nilai Pancasila Harus Jadi Pondasi Kembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Jokowi menilai pancasila tetap harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Presiden RI Joko Widodo (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara Hari Kelahiran Pancasila yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) secara online dan offline pada Selasa (1/6/2021).

Mengenakan Baju Adat, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Joko Widodo mengikuti Upacara itu secara virtual dari Istana Negara.

Joko Widodo mengatakan, Tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan untuk semakin kokohkan Pancasila dalam masyarakat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sehari-hari, namun tantangan yang dihadapi ke depan tidaklah mudah. Terutama dari globalisasi dan interaksi antar belahan dunia.

"Ini tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan, yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai dan rivalitas antarideologi," kata Joko Widodo.

Joko Widodo menilai jika ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga telah memengaruhi lanskap kontestasi ideologi. Terutama, saat kemajuan revolusi industri 4.0 yang telah menyediakan berbagai kemudahan berkomunikasi.

"Ketika konektivitas 5 G melanda dunia maka interaksi antar dunia juga semakin mudah dan cepat. Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi transnasional radikal untuk merambah ke semua pelosok Indonesia," katanya.

"Kecepatan ekspansi idiologi radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini," jelasnya.

Dalam menghadapi hal tersebut, maka perluasan dan pendalaman nilai pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara biasa. Jokowi menilai pancasila tetap harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia yang maju yang kita cita-citakan," tegasnya.

KEYWORD :

Presiden Joko Widodo Pancasila Ilmu Pengetahuan Teknologi Ideologi Transnasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :