Kamis, 25/04/2024 23:40 WIB

Dubai akan Hapus Semua Emisi Karbon Transportasi Umum 2050

Rencana tersebut juga bertujuan untuk mendukung komitmen UEA terhadap Perjanjian Paris tentang perubahan iklim untuk mengurangi emisi di negara tersebut sebesar 23,5 persen pada tahun 2030.

Otoritas Jalan dan Transportasi Dubai telah mengesahkan rencana jangka panjang untuk memiliki nol emisi transportasi umum di Dubai pada tahun 2050. (WAM)

Dubai, Jurnas.com -  Dubai akan memiliki emisi karbon nol dari transportasi umum pada tahun 2050. Demikian menurut rencana yang diterbitkan pada Senin (31/5).

Disadur dari Arab News, Roads and Transport Authority (RTA) emirat mengatakan pihaknya bertujuan agar semua bus dan taksi menjadi listrik atau ditenagai oleh hidrogen.

Nasir Bu Shehab, CEO dari RTA`s Strategy and Corporate Governance Sector, mengatakan pihak berwenang sedang merencanakan sistem transportasi umum yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Dorongan seperti itu berkontribusi untuk mengendalikan perubahan iklim dan mendukung inisiatif nasional jangka panjang," katanya.

Rencana tersebut juga bertujuan untuk mendukung komitmen UEA terhadap Perjanjian Paris tentang perubahan iklim untuk mengurangi emisi di negara tersebut sebesar 23,5 persen pada tahun 2030.

Bu Shehab mengatakan peta jalan tersebut mencakup perluasan penggunaan kendaraan listrik dan hidrogen dalam armada bus angkutan umum, bus sekolah, taksi dan limusin, untuk mencapai 100 persen pada tahun 2050.

Otoritas juga akan meningkatkan penggunaan energi bersih, seperti tenaga surya, di gedung dan fasilitas otoritas.

RTA berencana untuk menyelesaikan proyek penerangan jalan pintar yang hemat energi pada tahun 2035.

Peta jalan tersebut memperkirakan pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 8 juta ton setara karbon dioksida dan akan menghemat sekitar 3 miliar dirham pada tahun 2050.

KEYWORD :

Emisi Karbon Transportasi Umum Dubai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :