Sabtu, 20/04/2024 08:19 WIB

Menag Benarkan Arab Saudi belum Ada Kepastian Soal Kuota Haji 2021

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan pemerintah Arab Saudi belum memberi kepastian terkait kuota haji 2021 untuk Indonesia.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan pemerintah Arab Saudi belum memberi kepastian terkait kuota haji 2021 untuk Indonesia.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan kepastian, sekali lagi belum memberikan kepastian, apakah penyelenggaraan Haji 1442 H atau 2021 Masehi akan dilaksanakan seperti halnya tahun 2020 yang lalu," kata Menag Yaqut, saat rapat kerja dengan Komisi VIII, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (31/5).

Menurutnya, pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian apakah ibadah haji dibuka untuk warga negara asing atau hanya diperuntukkan warga dalam negarai. Sementara, kepastian ibadah haji hanya menyisakan waktu 1 bulan lebih.

"Hitungan kami waktu yang tersisa sampai closing date bandara Arab Saudi yang jatuh pada tanggal 4 Zulhijah 1442 H atau 4 Juli 2021 tinggal sekitar 1 setengah bulan," terangnya.

Sebelumnya, pimpinan DPR menyampaikan bahwa Indonesia belum mendapat kuota ibadah haji tahun 2021. Namun, hingga saat ini belum diketahui apa penyebab Indonesia belum mendapat kuota haji tahun ini.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, secara pasti informasi Indonesia belum mendapat kuota haji akan disampaikan Komisi VIII DPR yang membidangi hal itu.

"Saya baru dapat informasi begitu. Nanti mungkin akan dijelaskan oleh Komisi VIII DPR yang terkait. Atau nanti Pak Muhaimin Iskandar sebagai Wakil Ketua DPR yang membawahi yang akan menjelaskan," kata Dasco.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. Menurutnya, Indonesia belum mendapat kuota haji untuk tahun 2021. Menurutnya, ada 11 negara yang sudah mendapat kuota haji dari Arab Saudi.

"Informasi resmi yang kami terima memang pemerintah Arab Saudi telah memberikan izin masuk ke negara tersebut," kata Ace.

Dilihat di Twitter resmi Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, @MOISaudiArabia, 11 negara memang sudah mendapat izin masuk. Namun dari daftar itu tak satupun negara Asia Tenggara.

Berikut ini 11 negara yang sudah diizinkan masuk Arab Saudi:

1. Amerika Serikat
2. Inggris
3. Irlandia
4. Italia
5. Jepang
6. Jerman
7. Prancis
8. Portugal
9. Swedia
10. Swiss
11. Uni Emirat Arab

KEYWORD :

Warta DPR Menteri Agama Kuota Ibadah Haji




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :