Rabu, 24/04/2024 07:21 WIB

Bahas Rumah Bedeng di Cempaka Putih, Megawati Ingin Bertemu Risma

jualan makanan di gerobak tapi anaknya ada tiga.

Megawati Soekarnoputri melantik Ibu Risma jadi Ketua DPP PDIP (dok: jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Ketimpangan sosial dan isu stunting mendapat perhatian khusus dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri agar segera ditangani.

Bahkan ia meminta kaum perempuan untuk memikirkan anak kekurangan gizi yang masih dihadapi Indonesia, bahkan di DKI Jakarta hingga saat ini.

Secara khusus, Presiden Kelima RI ini juga meminta Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma, untuk menemuinya demi membahas masalah kesenjangan sosial.

"Ayo Mbak Risma yang kuat. Pokoknya nanti datang ya ketemu saya. Saya mau ketemu," kata Megawati saat memberikan pengarahan dalam acara peresmian 25 kantor baru PDIP secara virtual, Minggu (30/5/2021).

Megawati sempat bercerita soal adanya wilayah di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, untuk menggambarkan masalah yang dihadapi menyangkut isu stunting.

"Bayangin di Jakarta Pusat, di Cempaka Putih, ada tanah barangkali tidak sampai 500 meteran. Itu yang tinggal di situ keluarga yang hidup di bedeng-bedeng. Dengerin itu mbak, ntar saya kasih lihat tempatnya. Coba bayangkan Mbak Risma, itu bedeng kerjaan itunya apa. Jadi jualan makanan di gerobak tapi anaknya ada tiga. Kalau ditanya kehidupannya, padahal itu orang daerah," kata Megawati.

Masalah ini menurutnya terkait juga dengan isu urbanisasi atau perpindahan masyarakat desa ke kota demi mencari hidup. Baginya, perlu dicari alasan sehingga masyarakat merasa tak bisa menghidupi diri jika tetap tinggal di desa.

"Maksud saya persoalan urbanisasi benernya piye ya? Sampai saya ngomong ke Pak Jokowi. Ini gimana kok pasti nyari makan di kota-kota besar," kata Megawati.

Namun bagi Megawati, respons yang paling cepat yang bisa dilakukan adalah bila perempuan Indonesia memikirkan atau coba membayangkan masa depan anak-anak yang tinggal di tempat demikian.

"Anak ini masa depannya gimana? Dari gizi sudah tidak memenuhi persyaratan, bagaimana kemudian dari sisi sekolahnya?" lanjut dia.

Karena itulah dia mengajak perempuan Indonesia untuk ikut memikirkan masalah ini, minimal dari lingkungan terdekatnya sendiri. Atau dari keluarganya sendiri.

"Apa ibu-ibu tak bicara dengan suaminya soal itu?" kata Megawati.

KEYWORD :

stunting kekurangan gizi Megawati Soekarnoputri Tri Rismaharini




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :