Jum'at, 19/04/2024 18:26 WIB

Dukung Palestina, Siswa-Siswi di Inggris Dapat Hukuman

Serangan terbaru Israel terhadap warga Palestina di wilayah pendudukan Jalur Gaza dan Yerusalem Timur tidak hanya memicu demonstrasi massa di jalan-jalan Inggris tetapi juga di dalam sekolah-sekolahnya.

Ilustrasi Puluhan ribu siswa Inggris turun ke jalan (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Serangan terbaru Israel terhadap warga Palestina di wilayah pendudukan Jalur Gaza dan Yerusalem Timur tidak hanya memicu demonstrasi massa di jalan-jalan Inggris tetapi juga di dalam sekolah-sekolahnya.

Protes pro-Palestina meletus di sejumlah sekolah di Inggris sebagai tanggapan atas serangan Israel terhadap jemaah Palestina di Masjid Al-Aqsa dan kompleks serta serangan udara di Jalur Gaza.

Namun aksi tersebut membuat beberapa siswa mendapat teguran bahkan hukuman. Siswa menghadapi reaksi dari otoritas sekolah dengan satu kepala sekolah yang melabeli bendera Palestina sebagai "seruan untuk berperang" dan simbol antisemitisme". 

Ucapan dan komentar seperti itu telah menarik kemarahan dan teguran serta pertanyaan yang diajukan tentang mengapa anak-anak dihukum karena mengungkapkan pikiran mereka.

“Masalahnya dengan menggunakan simbol seperti bendera Palestina, pesan itu hilang karena bagi sebagian orang, mereka melihat bendera itu dan merasa terancam, merasa tidak aman dan khawatir dan bagi orang lain bendera itu dianggap sebagai seruan untuk senjata dan dilihat sebagai pesan dukungan untuk antisemitisme dan untuk menjadi anti-Yahudi dan itu tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi seperti itu di tempat pertama, "ujar Mike Roper, kepala sekolah dari sekolah Allerton Grange, dikutip Middleeast, Jumat (28/05).

Roper kemudian meminta maaf atas komentarnya yang menghasut, dengan alasan bahwa dia tidak pernah bermaksud untuk mengecewakan siswa dan masyarakat pada umumnya. Kepala sekolah akan bertemu dengan badan perwakilan siswa untuk membahas tindakan apa yang dapat diambil untuk menangani keluhan secara luas.

Sekolah itu sendiri akan bekerja dengan organisasi dan badan amal internasional dan membantu mereka dalam kampanye mereka di Timur Tengah dan mengadakan panel untuk siswa dan guru tentang konflik di Palestina.

"Saya sangat menyesal bahwa contoh khusus yang saya gunakan dalam pertemuan campuran itu, mengacu pada bendera Palestina, telah menyebabkan kekesalan di dalam komunitas. Itu tidak pernah menjadi niat saya. Pesan lengkap yang dibagikan dengan siswa minggu lalu memuji semangat siswa kami untuk pandangan dan keyakinan mereka. Ini mengatur bagaimana kami ingin mengatasi masalah yang disoroti dengan siswa kami dengan cara yang terinformasi dan hormat, "kata Roper dalam surat permintaan maafnya.

Insiden di Allerton Grange adalah salah satu contoh seperti siswa dari Birmingham, Manchester, Rochdale dan London telah menghadapi reaksi permusuhan serupa. Di Clapton Girls `Academy di London timur, para guru telah menghapus poster dan pajangan Palestina dan perjuangannya menyusul protes oleh siswa yang melakukan aksi duduk di sekolah dan meneriakkan "Bebaskan Palestina."

Pihak berwenang di Loreto College di Manchester menutup sekolah tersebut setelah 200 siswa merencanakan demonstrasi. Meskipun ditutup, para siswa dan penduduk lokal berkumpul di luar gerbang kampus dan mengibarkan bendera Palestina serta meneriakkan slogan dan nyanyian pro-Palestina.

Di Older Hill, Rochdale, rekaman audio rahasia menunjukkan seorang guru menegur seorang siswa kelas tujuh karena mengungkapkan dukungan dan simpatinya kepada anak-anak Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel.

Dalam rekaman audio, guru tersebut menyangkal bahwa "bayi dan anak-anak" dibunuh oleh serangan udara Israel. Guru tersebut menuduh siswanya memiliki "pandangan rasis" dan mengatakan kepadanya untuk membawa mereka ke tempat lain, dengan alasan bahwa setiap orang berhak atas pendapat mereka sendiri tetapi tidak di sekolah.

Gencatan senjata yang ditengahi Mesir antara kelompok perlawanan Palestina dan Israel mulai berlaku di Jalur Gaza pada 21 Mei, mengakhiri pertempuran selama 11 hari.

Setidaknya 254 warga Palestina tewas, termasuk 66 anak-anak dan 39 wanita, dan lebih dari 1.900 lainnya terluka dalam serangan Israel di Jalur Gaza, sementara 31 lainnya dibunuh oleh pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki, menurut angka resmi Palestina.

Tiga belas orang Israel juga tewas dalam tembakan roket Palestina dari Jalur Gaza

KEYWORD :

Siswa Inggris Dukung Palestina Serangan Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :