Kamis, 25/04/2024 10:31 WIB

Humas Pada Era Keterbukaan Informasi Semakin Penting

Humas diharapkan mampu membangun ruang publik yang memberikan kanal bagi proses komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan publik, begitupun sebaliknya.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan, mengatakan, keberadaan Humas pada era keterbukaan informasi publik saat ini semakin penting. Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan Workshop Pengelolaan Kegiatan Kehumasan di Lingkungan Kemendagri dan Pemda, di Hotel Green Forest, Bogor, Jawa Barat, Rabu, (26/5/2021).

"Untuk itu diperlukan dukungan dan komitmen bersama antara pimpinan, pejabat kehumasan dan pemangku kepentingan lainnya agar peran dan fungsi Humas di lembaga pemerintah dapat lebih optimal", tegas Benni.

Lebih lanjut Benni menyampaikan, "Humas diharapkan mampu membangun ruang publik yang memberikan kanal bagi proses komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan publik, begitupun sebaliknya", ujarnya.

Adapun pelatihan bagi pengelola kehumasan ini, kata Benni, memiliki beberapa tujuan. Pertama, agar pemahaman tentang pemahaman dan pemahaman tentang pentingnya tugas dan fungsi kehumasan.

Kedua, kepentingan kapasitas dan kompetensi pengelola kehumasan dalam menyusun agenda, pemangku kepentingan, strategi komunikasi, produksi dan publikasi.

Ketiga, terbangunnya kebersamaan, kerja sama dan sinergitas pengelolaan kehumasan di lingkungan Kemendagri dan Pemda.

Pelatihan ini sendiri diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari pejabat dan pelaksana kehumasan di lingkungan Kemendagri dan Pemerintah Daerah (Pemda) serta menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten. Untuk itu, Benni menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini.

KEYWORD :

Benny Irwan Pengelola Humas Kemendagri Pelatihan Pemda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :