Kamis, 18/04/2024 16:04 WIB

Sekjen PDIP: Kontemplasi Purnama Sidi Waisak Perkuat Spiritualitas Bangsa

Mengalirlah Dharma Agar Setiap Makhluk Berbahagia

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan mengucapkan selamat  Hari Trisuci Waisak tahun 2021.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Trisuci Waisak mengandung makna spiritualitas kesadaran budi pekerti, upaya menjaga keseimbangan seluruh alam raya, dan tekad menebar kebaikan melalui dharma agar setiap makhluk berbahagia  dapat semakin diwujudkan.

Kata Hasto, Hari Raya Waisak mengingatkan pada tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan kemangkatan Sang Buddha. Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari purnama sidi, bulan Waisak.

"Bulan purnama yang menyertai peringatan Trisuci Waisyak penuh tradisi kontemplasi yang semakin memerkuat spiritualitas bangsa," kata Hasto.

Ia menyebut Nusantara adalah negeri spiritual yang begitu kaya dengan tradisi yang begitu hidup guna menjabarkan kehendak Sang Pencipta dalam kehidupan anak bangsa yang toleran, dan kedepankan semangat ber-bhinneka tunggal ika.

Hasto juga menyebut PDI Perjuangan sebagai rumah besar kaum nasionalis, menjadikan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa untuk dipraktekkan bersama dengan prinsip lainnya, khususnya kemanusiaan, persatuan-kebangsaan, musyawarah-mufakat, keadilan sosial.

"Dalam setiap peringatan hari besar agama, termasuk TriSuci Waisak, keseluruhan aspek kemanusiaan diekspresikan guna meneladani sifat Tuhan dalam kehidupan berbangsa," jelasnya.

Karena itulah, bagi Hasto agama selalu mengajarkan kebaikan dan menjauhkan menjauhkan berbagai bentuk kekerasan. Agama juga menjauhkan diri dari berbagai tindakan yang memecah belah bangsa.

"Agama mengajarkan welas asih, budi pekerti, kerendahan hati, dan hasrat untuk selalu berbuat kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Selamat merayakan Trisuci Waisak," tuntas Hasto Kristiyanto.

KEYWORD :

Waisak Purnama Sidi Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :