Kamis, 18/04/2024 13:15 WIB

Doni Monardo Pensiun, Kepala BNPB Dijabat Letjen Ganip Warsito

Sebelumnya Kasum TNI sejak 26 Januari 2021.

Letjen Ganip Warsito, Kepala BNPB

Jakarta, Jurnas.com - Letjen TNI Ganip Warsito resmi menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Letjen Doni Monardo yang memasuki masa pensiun.

Ganip Warsito dilantik sebagai Kepala BNPB oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan disaksikan Wakil Presiden KH Maruf Amin di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/05/2021).

Sebelum pelantikan, para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan keputusan presiden, serta pengambilan sumpah jabatan yang dipandu oleh presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada nusa dan bangsa. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Ganip Warsito.

Sebelum menjadi Kepala BNPB, Letjen Ganip Warsito menjabat sebagai Kasum TNI sejak 26 Januari 2021.

Ia juga sempat menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. Markas Kogabwilhan III berada di Biak, Papua dengan wilayah meliputi Pulau Maluku, Pulau Papua.

Saat berpangkat Mayor Jenderal, Ganip Warsito pernah menjadi Pangdam XII/Merdeka pada tahun 2016 hingga 2018. Kemudian Jadi Asops Panglima TNI pada 2019. 

KEYWORD :

Ganip Warsito Doni Monardo BNPB Jokowi KH Maruf Amin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :