Sabtu, 20/04/2024 09:58 WIB

LSM LIRA Jatim Desak DPRD Layangkan Hak Angket Pesta Ultah Khofifah

Rakyat dipaksa taat prokes dan dilarang mudik lebaran, sementara gubernurnya malah pesta ultah.

Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim) dan Mahmudi Ibnu Khotib (Sekwil LSM LIRA Jatim)

Surabaya, Jurnas.com - LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jawa Timur (Jatim) meminta DPRD Jatim melayangkan hak angket terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam pesta ulang tahun Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Desakan itu disampaikan para aktivis LSM LIRA saat mendatangi gedung DPRD Jatim pada Senin (24/5).

Dalam aksi ini, LSM LIRA menggelar doa tahlil sebagai simbol permintaan agar lembaga legislatif mau mendengar aspirasi rakyat.

Sekretaris Wilayah LIRA Jatim, Mahmudi Ibnu Khotib mengatakan, Khofifah tidak memiliki jiwa dan karakter sebagai seorang pemimpin. Di saat semua rakyat dipaksa taat prokes dan dilarang mudik lebaran, sementara gubernurnya malah pesta ultah.

"Bu Gubernur Khofifah bila memang merasa tidak terlibat, maka harus memecat plh. Sekda dan pejabat OPD yang terlibat dalam kegiatan perayaan ultahnya tersebut," tandas Mahmudi didampingi Wasekwil LIRA Jatin Syamsudin.

Aktivis yang pernah dibacok karena mengkritisi korupsi di Bangkalan itu mengingatkan, pimpinan DPRD Jatim sebagai wakil rakyat mestinya menjalankan fungsi pengawasan dan harus segera merespon pengaduan LSM LIRA.

"DPRD harus segera memanggil Khofifah bila perlu keluarkan hak Angket, karena rakyat Jawa Timur kecewa dan sakit hati dengan perayaan acara Ultah Khofifah tersebut," teriak Mahmudi didampingi Wasekwil LIRA Jatim Syamsudin.

"LIRA memberikan waktu 2 x 24 jam kepada DPRD Jawa Timur, bila tetap tidak bergerak maka kami akan mendatangi gedung dewan dengan massa yg lebih banyak" pungkas Mahmudi.

Setelah menunggu hampir 2 jam, aktivis LIRA akhirnya menyerahkan surat pengaduan kepada DPRD Jatim melalui Wahyudino, seorang staff sekretariat DPRD Jawa Timur untuk disampaikan kepada pimpinan dewan.

Setelah puas berorasi, aktivis LIRA membubarkan diri dengan tertib dan selanjutnya berangkat ke Polda Jatim untuk melaporkan acara Ultah Gubernur Khofifah. (BA)

KEYWORD :

LSM LIRA Jatim Khofifah Indar Parawansa ulang tahun protokol kesehatan DPRD




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :