Kamis, 18/04/2024 07:23 WIB

MPR Sesalkan Sikap Joe Biden Terkesan Dukung Aksi Israel

Syarief Hasan juga menyebutkan, agresi militer yang dilakukan oleh Israel telah membuka borok Israel yang ingin mencaplok wilayah Palestina secara keseluruhan.

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan. (Foto: MPR)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan menyesalkan sikap Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dalam merespon persoalan di Palestina. Pasalnya, Pemerintah Amerika Serikat terkesan mendukung aksi militer Israel yang telah memakan banyak korban jiwa dengan dalih membela diri.

Syarief Hasan menyebutkan, Presiden Joe Biden tidak membuka mata dengan aksi-aksi kekerasan yang dilakukan oleh militer Israel terhadap rakyat Palestina. “Harusnya, Amerika Serikat sebagai salah satu negara demokrasi besar di dunia tidak menutup mata terhadap aksi kekerasan Israel yang bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia.”, ungkap Syarief Hasan.

Apalagi, dikutip dari CNBC International, Kongres AS menyebut bahwa Presiden Joe Biden telah menyetujui penjualan senjata berpemandu presisi senilai USD 735 Juta kepada Israel di tengah kekerasan yang dilakukan terhadap Palestina. Langkah ini secara tidak langsung mendukung aksi-aksi kekerasan militer Israel terhadap rakyat Palestina.

Syarief Hasan juga menyebutkan, agresi militer yang dilakukan oleh Israel telah membuka borok Israel yang ingin mencaplok wilayah Palestina secara keseluruhan. “Israel yang awalnya pendatang di Tanah Palestina mencaplok wilayah Palestina sejak 1947 hingga sekarang.”, ungkap Syarief Hasan.

Menurut Syarief Hasan, aksi kekerasan militer Israel juga telah membuka mata dunia sehingga memicu demonstrasi di berbagai negara. “Militer Israel melancarkan serangan tidak hanya ditujukan kepada pasukan Hamas Palestina, tetapi juga kepada anak-anak dan perempuan Palestina yang tidak berdosa.”, ungkap Syarief Hasan.

Bahkan, Israel juga telah menghancurkan Gedung Al-Jalaa yang menjadi kantor dari beberapa media internasional, seperti Al-Jazeera dan The Associated Press.

Israel juga telah menghancurkan dan Kantor Bulan Sabit Merah milik Qatar Gedung Kementerian Kesehatan yang berkedudukan di Jalur Gaza. Bahkan, Israel juga membombardir Klinik Ar-Rimal, laboratorium pengujian Covid-19 satu-satunya di Jalur Gaza, Palestina.

Syarief Hasan juga terus mendorong Pemerintah Indonesia untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina di kancah Internasional. “Indonesia harus mengambil peran besar dalam mendukung perjuangan Palestina, terkhusus dengan posisi Indonesia sebagai negara demokrasi berpenduduk muslim terbesar di dunia.”, ungkap Syarief Hasan.

Palestina dan Indonesia memiliki hubungan emosional yang sangat kuat sejak dulu. “Palestina adalah satu dari sedikit negara yang paling pertama mengakui perjuangan dan kemerdekaan Indonesia. Sehingga, Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk membantu perjuangan rakyat Palestina.”, ungkap Syarief Hasan.

Ia juga mengingatkan isi dari Pembukaan UUD NRI 1945 yang dijadikan sebagai panduan dalam bernegara. “Pembukaan UUD NRI 1945 telah menyebutkan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Oleh karena itu, Indonesia harus aktif dalam melaksanakan ketertiban dunia.”, ungkap Syarief Hasan.

Ia juga menyebutkan, Partai Demokrat akan selalu berada pada jalan mendukung perjuangan dari rakyat Palestina. “Saya atas nama pribadi, Partai Demokrat, dan Pimpinan MPR RI akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina. Kami juga mengecam keras aksi kekerasan dan pencaplokan yang dilakukan oleh militer Israel di Bumi Palestina.”, tutup Syarief Hasan.

KEYWORD :

Kinerja MPR Syarief Hasan Israel Palestina Penjajahan Kekerasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :