Rabu, 24/04/2024 14:02 WIB

Christina Aryani Apresiasi Langkah Proaktif Pemerintah Sikapi Konflik Israel-Palestina

Israel tengah mengalami permasalahan internal

Christina Aryani, Anggota Komisi I DPR RI, Wasekjen Partai Golkar

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi I DPR-RI dari Fraksi Partai Golkar, Christina Aryani, mengapresiasi langkah Pemerintah yang proaktif dalam menyikapi konflik antara Israel dan Palestina.

Menurut Christina, langkah pemerintah yang mengupayakan dorongan penyelesaian melalui berbagai lini sangatlah tepat, termasuk melalui Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestines (CEIRPP) dimana Indonesia adalah wakil ketuanya, melalui Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dan juga Gerakan Non Blok.

"Dorongan upaya penyelesaian ini perlu terus dilakukan dengan maksimal guna mencegah jatuhnya lebih banyak korban di kedua belah pihak," jelas Christina, Minggu (16/5/2021).

Ia menuturkan, saat ini Israel tengah mengalami permasalahan internal, dimana pasca-pemilu Maret lalu, Perdana Menteri Netanyahu gagal membentuk koalisi pemerintahan.

Presiden Reuven Rivlin telah menunjuk legislator Yair Lapid, Ketua Partai Yesh Atid (Future Party) untuk membentuk koalisi pemerintahan dalam rentang waktu kurang dari 28 hari. Ini menjadi tantangan tersendiri akibat fragmentasi partai politik di parlemen.

Menurut Christina, kegagalan membentuk koalisi pemerintahan akan memaksa Israel kembali melaksanakan pemilu legislatif kelima sejak tahun 2019.

"Sejauh yang kami pahami, Lapid mendukung dilakukannya negosiasi dengan Palestina serta akan solusi dua negara (two-state solution) yang kami juga percaya menjadi satu-satunya jalan mengakhiri konflik kedua negara," jelas Christina.

Wakil Sekjen DPP Partai Golkar ini menuturkan, KBRI Amman mencatat terdapat total 11 WNI di Palestina, 9 orang berada di Jalur Gaza dan 2 orang di Tepi Barat.

11 WNI itu kabarnya dalam kondisi baik, meski tetap selalu waspada terhadap perkembangan situasi keamanan, mematuhi himbauan bepergian kecuali untuk kepentingan mendesak, serta senantiasa menjalin komunikasi dengan KBRI.

KEYWORD :

Charistina Aryani Komis I DPR Israel Palestina OKI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :