Kamis, 18/04/2024 23:52 WIB

Besok Lebaran, Ingat Zakat Fitrah dan Perhatikan Beras Zakatnya

Besok sudah masuk Idul Fitri 1442 Hijriah. Masyarakat yang sibuk, jangan sampai lupa membayar zakat fitrah. 

Ilustrasi pemberian zakat.(Foto : RMOL)

Jakarta, Jurnas.com- Ditengah kesibukan menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh besok, Kamis (13/5/2021), masyarakat jangan lengah dan lupa untuk melaksanakan salah satu rukun islam yakni zakat. Umat muslim di Indonesia dan dunia wajib melaksanakan zakat fitrah sebelum shola tied berakhir.

Di dalam Islam terdapat beberapa jenis zakat yang harus dibayarkan. Salah satunya adalah zakat fitrah saat bulan Ramadan. Secara definisi, zakat fitrah merupakan zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun, yaitu saat bulan Ramadhan menjelang Idul fitri. Zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain yang harus diberikan atau kepada yang berhak.

Membayar zakat sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh lembaga yang berwenang mengatur pembayaran zakat fitrah. Berapa besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan per orang setiap tahun?

Dilansir dari akun Indonesia Baik (indonesiabaikID), besaran zakat fitrah setiap orangnya sudah ditentukan sesuai dengan Surat Keterangan Baznas nomor 27 tahun 2020. Untuk besarannya sendiri, jika membayar dengan uang tunai, setiap individu harus membayarkan Rp40.000 per kepala. Namun, jika membayar dengan makanan pokok, setiap individu harus memberikan beras sebesar 2,5 Kg atau 3,5 Liter.

Bagi yang memberikan zakat dengan makanan pokok, Anda harus memperhatikan juga kualitas dari beras yang ingin dizakatkan. Jangan sampai beras atau makanan pokok yang kalian zakatkan sudah kadaluarsa atau tidak layak makan.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan jika membayar zakat menggunakan makanan pokok.

- Perhatikan umur dari beras tersebut, setiap beras mempunyai umurnya tersendiri. Untuk beras putih memiliki umur sekitar 2 tahun. Sedangkan beras coklat memiliki umur sekitar 3-6 bulan.

- Cermati beras agar tidak terdapat kutu yang bersarang

- Cermati warna, bentuk dan kelembapan beras.

- Cermati juga bau dari beras tersebut, jika sudah berbau jamur berarti beras tersebut sudah lama disimpan.

KEYWORD :

Zakat Fitrah Idul Fitri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :