Rabu, 17/04/2024 03:48 WIB

Korsel Tembak Kapal Nelayan China

Kim menjelaskan, awalnya tembakan dilepaskan ke udara. Namun kemudian, kru diperintahkan untuk menembak busur kapal China

Korsel - Kepolisian bagian perairan Korea Selatan, menembaki kapal pukat milik China yang diduga sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Korsel.

Penembakan yang dilakukan pada Selasa (1/10) itu, menurut pejabat senior polair Korsel, Kim Jung-Shik, perintah penembakan dikeluarkan saat sekitar 30 kapal China sedang beroperasi secara ilegal di dekat Laut Kuning, Korsel, yang berbatasan dengan Korea Utara.

"Mereka mencoba mendekati kapal kami meskipun kami sudah memperingati mereka berulang kali," ujar Kim dilansir AFP.

Kim menjelaskan, awalnya tembakan dilepaskan ke udara. Namun kemudian, kru diperintahkan untuk menembak busur kapal China yang mendekat ke arah armada polair. Setelah insiden ini, dua kapal pukat China disita oleh otoritas Korsel.

Masalah penangkapan ikan secara ilegal memang kerap menjadi pemicu ketegangan antara Korsel dan China. Namun kini, bukan hanya kapal kecil, tapi pukat besar China pun mulai beroperasi dan melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Korsel.

KEYWORD :

Perairan Korsel China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :