Kamis, 18/04/2024 09:04 WIB

Perluas Akses Pasar Produk Pertanian, IMACE Jajaki Kerja Sama dengan Tanihub

Pembeli di negara tujuan dapat mengakses langsung produk-produk pertanian di Indonesia dengan mudah.

Karantina Pertanian jajaki kerja sama dengan Tanihub. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Setelah melakukan kerja sama dengan Amazon, kini IMACE juga menjajaki kerja sama dengan TaniHub yang beberapa waktu lalu baru saja meresmikan fasilitas National Fulfillment Center (NFC) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pada Selasa (27/4), Barantan baru saja melakukan diskusi kelompok terarah dengan TaniHub secara daring. Pertemuan tersebut membahas upaya kerja sama IMACE dan TaniHub dalam menyediakan akses pasar komoditas pertanian terutama untuk ekspor.

"Ini menjadi bangain penting, dimana TaniHub membutuhkan akses langsung ke petani atau daerah sentra yang bisa kita hubungkan dengan desa pendukung GRATIEKS, sementara IMACE membutuhkan tambahan interaksi dan akses langsung ke pembeli, kerja sama ini sangat menguntungkan dan memungkinkan," kata Koordinator Bidang Informasi Barantan, Ichwandi.

Menurut Ichwandi, kerja sama tersebut bertujuan agar IMACE melalui desa pendukung GRATIEKS-nya memiliki akses pasar langsung secara global. Sehingga, pembeli di negara tujuan dapat mengakses langsung produk-produk pertanian di Indonesia dengan mudah.

Vice President of Corporate Services TaniHub, Astri Purnamasari yang juga turut hadir dalam pertemuan tersebut menjelaskan, kerja sama IMACE dan TaniHub sangat menguntungkan bagi kedua pihak. Bagi TaniHub, akses ke IMACE dan desa pendukung GRATIEKS tentu akan memperluas jangkauan sumber daya produk pertanian yang selama ini memang dicari.

"Bagi kami ini sangat menguntungkan secara akses dan profit, bagi petani semoga ini juga bisa menjadi jalan untuk melakukan akses pasar global," terang Astri.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah tengah menggencarkan investasi dan ekspor guna memulihkan perekonomian bangsa, apa lagi saat diterjang pandemi seperti sekarang ini.

Menteri Pertanian (Mentan), Syanrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan juga sering menuturkan, upaya ekspor komoditas pertanian tiga kali lipat (GRATIEKS) harus dilakun secara masif melalui berbagai upaya, baik kerja sama dalam maupun luar negeri.

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil juga menanggapi positif upaya yang dilakukan jajarannya tersebut. Menurutnya akses pasar sudah disediakan oleh IMACE, hanya alatnya saja yang perlu dikembangkan.

"Ini sangat sejalan dengan tujuan kita, IMACE tidak hanya menyediakan data potensi, juga melakukan pembinaan dan pendampingan pada hampir seribu lebih desa pendukung GRATIEKS agar potensi tersebut dapat erangkat ke pasar global, nah ini sangat nyambung. Saya pikir IMACE dan TaniHub perlu segera ditindak lanjuti lebih jauh," kata Jamil.

KEYWORD :

Amazon IMACE Ekspor Pertanian Tanihub Ali Jamil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :