Jum'at, 26/04/2024 06:44 WIB

Rosalia Indah, Perusahaan Bus Pertama Implementasikan Data Base Risk Journey

Data base risk journey adalah salah satu bagian penting dalam manajemen risiko perusahaan

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono (kedua dari kanan) berdialog dengan Direktur PO Rosalia Indah FX Adimas Rosdian (baju batik). Foto: jurnas.com

SOLO, Jurnas.com – Perusahaan Oto Bus (PO) Rosalia Indah menjadi yang pertama mengimplementasikan rekomendasi keselamatan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yakni data base risk journey atau data risiko perjalanan.

Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja tim Komite Nasonal Keselamatan Transportasi (KNKT) ke perusahaan tersebut di Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/5/2021).

“Kunjungan ini dalam rangka melihat dan sekaligus mengevaluasi sejauh mana rekomendasi-rekomendasi yang diberika oleh KNKT kepada Rosalia Indah ditindaklanjuti dan sekaligus diimplementasikan,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono yang memimpin langsung kunjungan kerja tersebut.

Risk journey merupakan salah satu rekomendasi KNKT kepada perusahaan transportasi, terutama angkutan bus umum, untuk mencatat berbagai risiko hazard di sepanjang rute perjalanan yang dilalui oleh bus tersebut.

“Kami mengapresiasi manajemen Rosalia Indah yang telah mengimplementasi data base risk journey. Dari perusahaan bus yang diberi rekomendasi, dapat dikatakan baru Rosalia Indah yang mengimplementasikan risk journey,” kata Soerjanto.

Menurut Soerjanto, data base risk journey adalah salah satu bagian penting dalam manajemen risiko perusahaan dalam menciptakan transportasi berkeselamatan. Dengan memiliki data base potensi bahaya di sepanjang rute atau trayek bus yang akan dilalui, membuat pengemudi lebih berhati-hati dan mudah mengantisipasi agar hazard tersebut tidak membahayakan keselamatan bus dan penumpangnya.

“Jadi istilahnya data base risk journey tersebut dapat membuat pengemudi lebih berhati-hati dan siap menghadapi potensi timbulnya hazard di wilayah yang akan dilaluinya,” tutur Soerjanto.

Direktur Rosalia Indah FX Adimas Rosdian menyampaikan bahwa perusahaannya selalu berupaya menindaklanjuti dan mengimplementasikan setiap rekomendasi keselamatan yang disampaikan KNKT. Sebab rekomendasi keselamatan KNKT itu ternyata mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk bepergian menggunakan bus Rosalia Indah.

“Jujur saja pada awal mulanya kami takut-takut kalau didatangi oleh KNKT, tetapi setelah beberapa kali kami berinteraksi, ternyata banyak manfaat yang dapat diambil dari kunjungan KNKT seperti ini. Salah satu manfaatnya, indeks keselamatan bus-bus Rosalia Indah terus membaik dan meningkat,” kata Dimas.

Dimas menyampaikan, Rosalia Indah menekankan pentingnya keselamatan kerja perusahaan, termasuk keselamatan bus-bus yang beroperasi. Dengan demikian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Rosalia Indah semakin tinggi yang akhirnya menciptakan loyalitas penumpang.

Menurutnya, penerapan data base risk journey ini bagian dari upaya meningkatkan pelayanan terhadap penumpang dari aspek keselamatan perjalanan. Pengemudi pun ternyata banyak yang merasa terbantu dengan adanya informasi potensi bahaya yang akan dia hadapi di sepanjang jalan yang hendak dilaluinya.

“Pada awalnya para pengemudi memang merasa aneh, karena data base risk journey memang merupakan hal baru bagi mereka. Tetapi seiring waktu berjalan mereka menjadi familiar dan justeru merasa sangat terbantu. Mereka juga sesama pengemudi dapat saling mengingatkan tentang potensi-potensi bahaya tersebut agar lebih berhati-hati,” ujar Dimas.

KEYWORD :

knkt rosalia indah risk journey




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :