Sabtu, 20/04/2024 12:19 WIB

UE Minta Israel Fasilitasi Pemungutan Suara di Palestina

Uni Eropa mendesak Israel untuk memungkinkan pemilihan di seluruh wilayah Palestina dan menyatakan penyesalan atas pemilihan yang tertunda.

Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell di Moskow, Rusia pada 5 Februari 2021 [RU Kementerian Luar Negeri / Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Uni Eropa mendesak Israel untuk memungkinkan pemilihan di seluruh wilayah Palestina dan menyatakan penyesalan atas pemilihan yang tertunda.

"Keputusan untuk menunda pemilihan umum Palestina, termasuk pemilihan legislatif yang semula dijadwalkan pada 22 Mei, sangat mengecewakan," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dalam pernyataan tertulis dilansir Middleeast, Sabtu (01/05).

Dia mengulangi seruan blok pada Israel untuk memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan umum semacam itu di seluruh wilayah Palestina, termasuk di Yerusalem Timur.

Borrell juga meminta pihak berwenang Palestina untuk menetapkan tanggal baru untuk pemungutan suara "tanpa penundaan" dan mendorong semua aktor politik Palestina untuk melanjutkan pembicaraan.

"Kami sangat yakin bahwa lembaga-lembaga Palestina yang kuat, inklusif, bertanggung jawab dan berfungsi berdasarkan penghormatan terhadap aturan hukum dan hak asasi manusia sangat penting bagi rakyat Palestina," tambahnya, menekankan komitmen Uni Eropa terhadap solusi dua negara.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas Kamis mengatakan mereka tidak akan mengadakan pemilihan dengan Yerusalem dikecualikan dari pemungutan suara.

Dia mengatakan pihak Israel belum memberikan jawaban atas permintaan Palestina untuk mengadakan pemungutan suara di Yerusalem Timur yang diduduki.

Abbas, bagaimanapun, menekankan bahwa begitu Israel mengizinkan pemilihan di Yerusalem, pemungutan suara akan diadakan dalam waktu seminggu.

Wilayah Palestina termasuk Tepi Barat dan Yerusalem Timur telah di bawah pendudukan Israel sejak 1967.

Seperti Turki dan sebagian besar komunitas internasional, UE tidak mengakui kedaulatan Israel atas wilayah ini.

KEYWORD :

Pemungutan Suara Uni Eropa Pemerintah Israel Pemilu Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :