Kamis, 18/04/2024 15:49 WIB

AS Perintahkan Penarikan Besar-besaran di Kedutaan Kabul

Perintah itu datang ketika utusan khusus AS untuk Afghanistan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa tidak masuk akal lagi untuk melanjutkan pengerahan pasukan AS selama 20 tahun di sana.

Pengamanan di salah satu Masjid Syiah di Kabul, Afghanistan

Washington, Jurnas.com - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) memerintahkan sejumlah besar stafnya yang tersisa di Kedutaan Besar AS di Kabul untuk meninggalkan Afghanistan ketika militer meningkatkan penarikan pasukan Amerika dari negara itu.

Perintah itu datang ketika utusan khusus AS untuk Afghanistan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa tidak masuk akal lagi untuk melanjutkan pengerahan pasukan AS selama 20 tahun di sana.

Pada saat yang sama, Duta Besar Zalmay Khalilzad mengatakan memiliki keprihatinan yang sama dengan anggota parlemen bahwa hak-hak perempuan dan minoritas dapat terancam setelah penarikan selesai.

"Kita semua harus tetap khawatir bahwa hak-hak itu bisa menderita," kata Khalilzad kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat. Ditanya apakah AS akan mempertahankan pengaruh untuk melindungi hak-hak itu begitu pasukannya pergi, Khalilzad berhati-hati.

Ia mengatakan bantuan dan jenis lain dari dukungan diplomatik tidak akan tersedia jika mereka tidak menghormati hak asasi wanita Afghanistan atau orang lain.

Sesaat sebelum ia berbicara, Departemen Luar Negeri mengatakan telah menginstruksikan semua personel untuk pergi kecuali pekerjaan mereka mengharuskan mereka secara fisik berlokasi di Afghanistan.

Perintah tersebut tidak spesifik mengenai jumlah orang yang terkena dampak, tetapi jauh melebihi pembatasan staf yang biasa untuk alasan keamanan dan keselamatan. Perintah semacam itu biasanya hanya berlaku untuk personel yang tidak penting.

Dalam peringatan perjalanan terbaru untuk Afghanistan, departemen tersebut mengatakan telah memerintahkan keberangkatan semua pegawai pemerintah AS yang fungsinya dapat dilakukan di tempat lain.

Ia juga mengatakan warga Amerika tidak boleh melakukan perjalanan ke Afghanistan dan mereka yang ingin berangkat harus pergi secepat mungkin pada penerbangan komersial yang tersedia.

Kedutaan di Kabul sangat bergantung pada militer AS untuk keamanan, dan penarikan staf telah berlangsung sejak pemerintahan Trump mengumumkan tahun lalu bahwa pasukan Amerika akan ditarik dari Afghanistan pada 1 Mei.

Pemerintahan Biden memperpanjang batas waktu itu hingga 11 September, peringatan 20 tahun serangan teroris 2001, tetapi telah mempercepat penarikan itu.

Diplomat tertinggi AS di Kabul mengatakan perintah keberangkatan dikeluarkan karena meningkatnya kekerasan dan laporan ancaman, hanya akan mempengaruhi sejumlah kecil karyawan, dan tidak akan ada pengurangan layanan yang ditawarkan. Kuasa Usaha Ross Wilson mengatakannya "Memastikan bahwa diplomasi dan dukungan Amerika untuk Afghanistan akan berkelanjutan, kuat, dan efektif."

Jenderal Kenneth McKenzie, kepala Komando Pusat AS, mengatakan pada Selasa bahwa pemerintah tetap berkomitmen untuk menjaga kedutaan yang berfungsi di Kabul.

"Ini adalah niat kami untuk mempertahankan kedutaan di Afghanistan ke depan. Tapi kami akan memiliki kehadiran militer yang sangat, sangat minimal di sana - yang sangat diperlukan untuk mempertahankan kedutaan," katanya dalam sambutannya kepada American Enterprise Institute.

Perintah Departemen Luar Negeri datang hanya dua hari setelah Jenderal Austin Miller, jenderal tertinggi Amerika di Afghanistan, mengatakan militer AS telah mulai menutup operasi di negara itu dan bahwa pasukan keamanan Afghanistan harus siap untuk mengambil alih.

Sementara penarikan resmi 2.500 hingga 3.500 pasukan Washington dan 7.000 pasukan sekutu NATO dilakukan pada 1 Mei, Miller mengatakan penarikan telah dimulai.

Pada Februari tahun lalu, militer AS mulai menutup pangkalannya yang lebih kecil. Pada pertengahan April, pemerintahan Biden mengumumkan bahwa fase terakhir penarikan akan dimulai 1 Mei dan selesai sebelum 11 September.

Penarikan pasukan AS dan rekan koalisi NATO mereka terus berlanjut bahkan tanpa adanya kesepakatan damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban, yang menyembunyikan jaringan al-Qaida Osama bin Laden`a mendorong invasi AS ke Afghanistan setelah 9/11 .

Negosiasi antara Taliban dan pemerintah terhenti selama beberapa waktu dan pembicaraan tidak akan dilanjutkan sampai bulan depan, menimbulkan kekhawatiran bahwa penarikan pasukan asing dapat mengarah pada dimulainya kembali perang saudara habis-habisan.

Dalam kesaksiannya, Khalilzad menggemakan Presiden Joe Biden dan pejabat pemerintah lainnya yang mengatakan AS akan tetap berkomitmen untuk Afghanistan dan pembangunan dan hak asasi manusia yang dicapai sejak 2001 meskipun telah ditarik.

Khalilzad mengatakan dia tidak yakin penarikan itu akan memicu keruntuhan "dalam waktu dekat" pemerintah Afghanistan atau pembalikan kemajuan yang telah dibuat negara itu. (AP)

KEYWORD :

Afghanistan Pasukan Taliban Amerika Serikat Joe Biden Kabul




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :