Sabtu, 20/04/2024 11:14 WIB

Komisi I DPR: Perlu Penguatan Organisasi di BIN

Anggota Komisi I DPR RI Dede Indra Permana mengatakan, perlu penguatan organisasi BIN. Hal itu menyikapi atas gugurnya Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya saat bertugas di Beoga, Papua.

Anggota Komisi I DPR, Dede Indra Permana

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi I DPR RI Dede Indra Permana mengatakan, perlu penguatan organisasi Badan Intelijen Negara (BIN). Hal itu menyikapi atas gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya saat bertugas di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

"Perlu penguatan operasi dan optimalisasi anggaran yang lebih baik di dalam tubuh BIN. Kita jangan berspekulasi untuk sekarang dalam menanggapi berita yang ada. Jangan terlalu cepat menyimpulkan dan memperkeruh (suasana),” kata Dede, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (27/4).

Politisi PDI Perjuangan itu menilai pentingnya BIN bersikap proaktif dalam menjaga stabilitas keamanan Papua. Dede mengatakan, Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya patut diapresiasi, semua ini karena Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan serius dalam penanganan Papua agar tetap menjadi bagian NKRI.

Ia menyebut, gugurnya Kabinda Papua sebagai pahlawan kusuma bangsa karena membela persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Menurut saya, saat itu Kabinda Papua tengah menjalankan tugas pemulihan keamanan pasca gangguan keamanan kepada masyarakat di Beoga. Saya juga mendoakan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya husnul khotimah," ucapnya.

Dede menilai gugurnya Kabinda Papua saat bertugas merupakan duka mendalam untuk keluarga besar BIN dan TNI serta seluruh rakyat Indonesia. Ia memastikan dukungan langkah terukur dan tegas harus dilakukan oleh Polri, TNI dan BIN untuk tetap teguh menjaga NKRI dari rongrongan separatisme di Papua.

"Kami mendukung penuh langkah Panglima TNI mengatasi kelompok bersenjata di Papua yang tegas dan terukur demi penegakan hukum bersama dengan BIN dan Polri bahu-membahu tuntas untuk NKRI," ungkapnya. Sisi lain, legislator dapil Jawa Tengah X itu berharap dunia internasional dapat melihat masalah di Papua secara proporsional sebagai upaya penegakan hukum.

“Prajurit TNI-Polri banyak gugur di Papua yang merupakan salah satu putra terbaik NKRI, dunia internasional juga harus membuka mata dan melihat persoalan di Papua ini dengan lebih obyektif. Dengan kejadian ini, kita harap peran diplomasi terkait masalah Papua juga penting untuk ditingkatkan," tandas Dede.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi I DPR Organisasi BIN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :