Rabu, 24/04/2024 17:06 WIB

Presiden AS Joe Biden Secara Resmi Akui Genosida Armenia

Warga Armenia, yang memperingati Hari Peringatan Genosida Armenia dengan upacara dan unjuk rasa pada Sabtu, telah bertahun-tahun mengimbau AS dan negara-negara lain di seluruh dunia untuk mengakui pembunuhan itu sebagai genosida.

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Foto oleh John Angelillo / UPI

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Joe Biden secara resmi mengakui pembunuhan massal orang-orang Armenia di Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia I sebagai "genosida", sebuah tindakan yang segera ditolak oleh Turki.

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (24/4), Biden menjadi presiden AS pertama yang secara resmi mengakui pembunuhan sekitar 1,5 juta orang Armenia di Kekaisaran Ottoman, yang dimulai pada tahun 1915, sebagai tindakan "genosida".

"Setiap tahun pada hari ini, kami mengenang kehidupan semua orang yang tewas dalam genosida Armenia era Ottoman dan berkomitmen kembali untuk mencegah kekejaman seperti itu terjadi lagi," bunyi pernyataan yang dirilis pada Hari Peringatan Genosida Armenia.

"Rakyat Amerika menghormati semua orang Armenia yang tewas dalam genosida yang dimulai 106 tahun lalu hari ini," sambungnya.

Deklarasi Biden muncul di tengah ketegangan hubungan antara AS dan Turki, yang sebelumnya memperingatkan bahwa mengakui pembunuhan sebagai genosida akan semakin merusak hubungan antara sekutu NATO.

Turki telah mengakui kematian orang-orang Armenia di Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia I, tetapi dengan tegas membantah bahwa pembunuhan itu diatur secara sistematis dan merupakan genosida.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian luar negeri Turki menolak pernyataan Biden sebagai tidak memiliki dasar ilmiah dan hukum dan mengatakan kondisi yang diperlukan untuk menggambarkan peristiwa tersebut sebagai genosida tidak terpenuhi di bawah hukum internasional.

"Sifat peristiwa 1915 tidak berubah sesuai dengan motif politik para politisi atau pertimbangan politik dalam negeri saat ini. Sikap seperti itu hanya menghasilkan distorsi sejarah yang vulgar," kata kementerian itu.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu juga men-tweet: "Kami tidak memiliki apa pun untuk dipelajari dari siapa pun di masa lalu kami sendiri."

Warga Armenia, yang memperingati Hari Peringatan Genosida Armenia dengan upacara dan unjuk rasa pada Sabtu, telah bertahun-tahun mengimbau AS dan negara-negara lain di seluruh dunia untuk mengakui pembunuhan itu sebagai genosida.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan menyambut baik pernyataan Biden pada Sabtu, dengan mengatakan "AS sekali lagi menunjukkan komitmennya yang teguh untuk melindungi hak asasi manusia dan nilai-nilai universal".

Majelis Armenia, sebuah kelompok advokasi Armenia yang berbasis di AS, juga menyebutnya sebagai momen penting dalam sejarah AS.

Pada 2019, Kongres AS mengeluarkan resolusi simbolis yang mengakui "genosida Armenia", tetapi Presiden Donald Trump saat itu menolak tindakan tersebut.

Sebelumnya pada Sabtu, ketua parlemen Turki Mustafa Sentop mengatakan mengakui pembunuhan itu sebagai genosida akan menjadi pernyataan politik tanpa dasar hukum.

Juru bicara kepresidenan Turki Fahrettin Altun juga mengatakan minggu ini bahwa penunjukan itu akan menjadi fitnah yang tidak ada hubungannya dengan fakta dan hanya didorong oleh perhitungan politik. "Itu adalah tuduhan yang emosional, irasional dan tidak sah," katanya.

Hubungan AS-Turki telah tegang dalam beberapa tahun terakhir karena sejumlah masalah, termasuk pembelian sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia oleh Ankara.

Biden memberi tahu mitranya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, tentang pengakuan genosida Armenia yang direncanakan selama panggilan telepon pada Jumat.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih mengatakan Biden juga menyampaikan kepada Erdogan ketertarikannya dalam membangun hubungan bilateral yang konstruktif dengan area kerja sama yang diperluas dan manajemen perselisihan yang efektif.

Para presiden juga sepakat untuk mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela KTT NATO pada bulan Juni. (Aljazeera)

KEYWORD :

Amerika Serikat Joe Biden Donald Trump Joe Biden Perang Dunia I




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :