Jum'at, 19/04/2024 09:53 WIB

WHO Ingin Lebih Banyak Data Pembekuan Darah Vaksin COVID-19 AstraZeneca

SAGE mengatakan hubungan antara suntikan COVID-19 AstraZeneca dan pembekuan darah masuk akal tetapi belum dikonfirmasi, menggarisbawahi bahwa kejadian yang dilaporkan sangat jarang.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: Reuters)

Jenewa, Jurnas.com -  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta pada Kamis (22 April) data lebih lanjut tentang kejadian pembekuan darah pada orang yang menerima vaksin AstraZeneca COVID-19 di luar Eropa.

Kelompok Penasihat Strategis Ahli (SAGE) WHO untuk Imunisasi memperbarui panduan mereka tentang penggunaan jab virus korona AstraZeneca, menulis ulang bagian tentang tindakan pencegahan sehubungan dengan data dari Eropa tentang pembekuan darah.

"WHO terus mendukung kesimpulan bahwa manfaat vaksin ini lebih besar daripada risikonya," kata badan PBB itu dalam sebuah pernyataan.

Pada 7 April, SAGE mengatakan hubungan antara suntikan COVID-19 AstraZeneca dan pembekuan darah masuk akal tetapi belum dikonfirmasi, menggarisbawahi bahwa kejadian yang dilaporkan sangat jarang.

Mengingat bukti yang muncul dari program vaksinasi yang sedang berlangsung, mereka telah memperbarui rekomendasinya tentang jab AstraZeneca, yang sedang digunakan di 157 wilayah menurut hitungan AFP.

SAGE mengatakan sebagian besar kasus pembekuan dilaporkan di Inggris dan Uni Eropa, dengan sangat sedikit kasus yang tercatat di negara lain.

Mereka mengatakan tidak diketahui apakah ada risiko pembekuan dari dosis kedua vaksin, sementara merekomendasikan bahwa mereka yang menderita pembekuan darah setelah suntikan pertama tidak boleh diberikan dosis kedua dari vaksin dua suntikan.

"Sindrom pembekuan darah yang sangat langka dikombinasikan dengan jumlah trombosit yang rendah, yang digambarkan sebagai trombosis dengan sindrom trombositopenia (TTS), telah dilaporkan sekitar empat hingga 20 hari setelah vaksinasi," kata pedoman baru itu.

"Hubungan kausal antara vaksin dan TTS dianggap masuk akal meskipun mekanisme biologis untuk sindrom ini masih diselidiki.

“Sebagian besar kasus ini dilaporkan dari Inggris dan Uni Eropa. Ada variasi geografis yang cukup besar sehubungan dengan kejadian yang dilaporkan, dengan sangat sedikit kasus yang dilaporkan dari negara-negara non-Eropa, meskipun telah menggunakan vaksin secara ekstensif.

"Estimasi risiko di luar Eropa membutuhkan pengumpulan dan analisis data lebih lanjut."

Vaksin saat ini membentuk tulang punggung skema COVAX, yang memastikan bahwa negara-negara miskin dapat mengakses dosis, dengan donor menanggung biayanya. COVAX sejauh ini telah mengirimkan lebih dari 40,5 juta dosis vaksin COVID-19 ke 118 wilayah yang berpartisipasi.

Panduan SAGE mengatakan bahwa data dari Inggris, tertanggal 31 Maret, menunjukkan bahwa risiko TTS adalah sekitar satu kasus per 250.000 orang dewasa yang divaksinasi, sementara angka di UE diperkirakan satu dari 100.000.

Dikatakan, data terkini dari Eropa menunjukkan bahwa risikonya mungkin lebih tinggi pada orang dewasa yang lebih muda dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih tua. "Belum ada faktor risiko spesifik yang diidentifikasi," katanya. (AFP)

KEYWORD :

Pembekuan Darah Vaksin COVID-19 AstraZeneca




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :