Jum'at, 19/04/2024 16:37 WIB

Pimpinan DPR Minta Kemendikbud Siapkan Penunjang AN ke Sekolah

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta Kemendikbud untuk mempersiapkan dan mendata jumlah kebutuhan perangkat komputer sekolah dasar terutama 120 sekolah yang akan mengikuti Asesmen Nasional (AN).

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mempersiapkan dan mendata jumlah kebutuhan perangkat komputer sekolah dasar terutama 120 sekolah yang akan mengikuti Asesmen Nasional (AN).

Dimana pemerintah pada tahun 2021 ini mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional yang merupakan upaya pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah.

"Kemendikbud bersama Pemerintah Daerah untuk segera mendistribusikan perangkat penunjang AN ke sekolah-sekolah yang belum memilikinya, dan memastikan kesiapan seluruh sekolah yang akan melaksanakan AN tidak hanya logistik dan infrastruktur, tetapi juga kesiapan penerapan protokol kesehatan Covid-19, sebab saat ini pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia," kata Azis, Sabtu (17/4).

Azis mengharapkan Kemendikbud untuk mengantisipasi adanya keterbatasan keterampilan penggunaan perangkat komputer yang dapat menghambat siswa dalam mengikuti AN.

Untuk itu, Kemendikbud dapat melakukan Komunikasi dan kordinasi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menyediakan jaringan internet di wilayah yang belum mendapatkan akses internet dan mengantisipasi ganguan jaringan saat pelaksanaan AN, sebab AN akan diselenggarakan secara daring.

"Kemendikbud untuk menyiapkan langkah antisipasi dan mempertimbangkan penundaan pelaksanaan AN jika masih banyak sekolah yang belum siap menyelenggarakan AN, agar penyelenggaraan AN dapat berjalan dengan baik dan sukses sehingga tujuan pelaksanaan AN pun tercapai" ujarnya.

KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Azis Syamsuddin Kemendikbud dan Kemenristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :