Kamis, 25/04/2024 11:28 WIB

Korea Selatan akan Produksi 100 Juta Dosis Vaksin Sputnik V Rusia Per Bulan

Saham Huons Global melonjak 29,8 persen ke batas harian mereka pada perdagangan Jumat pagi, versus pasar datar yang lebih luas.

Sputnik V, vaksin Covid-19 buatan Rusia (foto: Middleeast)

Seoul, Jurnas.com - Huons Global Korea Selatan mengatakan pada Jumat (16/4) akan memimpin konsorsium untuk memproduksi 100 juta dosis vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia per bulan saat Moskow meningkatkan produksi untuk pasokan di luar negeri.

Pengumuman itu muncul setelah perusahaan bioteknologi Korea Selatan GL Rapha menandatangani kesepakatan dengan dana kekayaan kedaulatan Rusia akhir tahun lalu untuk membuat lebih dari 150 juta dosis Sputnik V per tahun.

Huons mengatakan konsorsium akan mulai memproduksi batch sampel pada Agustus dan menanggapi secara fleksibel permintaan pasokan dari Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF).

Konsorsium tersebut mencakup tiga perusahaan lokal lainnya, Prestige BioPharma, Humedix dan Boran Pharma yang akan membangun fasilitas produksi baru, kata Huons dalam sebuah pernyataan.

Saham Huons Global melonjak 29,8 persen ke batas harian mereka pada perdagangan Jumat pagi, versus pasar datar yang lebih luas.

Duta Besar India untuk Moskow pada hari Jumat mengatakan pengiriman vaksin virus korona Sputnik V Rusia ke India diharapkan dimulai sebelum akhir April, setelah regulator India menyetujui suntikan untuk digunakan pada hari Senin.

European Medicines Agency (EMA) sedang melakukan tinjauan bergulir terhadap vaksin Rusia karena banyak negara Eropa berupaya untuk meningkatkan program inokulasi yang terhambat oleh penundaan pengiriman. (Reuters)

KEYWORD :

Huons Global Korea Selatan Vaksin Sputnik V Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :