Selasa, 23/04/2024 18:34 WIB

Rusia Ingatkan Amerika untuk Menjauh dari Laut Hitam

Sergey Ryabkov mengecam AS dan NATO karena

Jet tempur Rusia

Moskow, Jurnas.com - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov menyebut manuver Amerika Serikat (AS) di Laut Hitam sebagai "tindakan provokatif" dan dia memperingatkan Washington untuk "menjauh" dari Laut Hitam.

Berbicara pada konferensi pers di Moskow pada Selasa, Ryabkov mengatakan pengiriman kapal angkatan laut AS sejauh ribuan kilometer dari pangkalan mereka selalu merupakan "alat geopolitik."

"Kapal perang Amerika sama sekali tidak ada urusannya di dekat pantai kami. Ini murni tindakan provokatif yang mereka lakukan, provokatif dalam arti yang sebenarnya. Mereka menguji kekuatan kami, mempermainkan saraf kami. Mereka tidak akan berhasil," ujar Ryabkov.

Dia menuduh AS "merasa seperti penguasa lautan," dan "mewarisi Inggris Raya dari era lain” dalam hal ini, serta menambahkan bahwa Washington harus memahami bahwa "risiko insiden di sana sangat tinggi".

"Kami memperingatkan AS bahwa lebih baik menjauh dari Krimea, dari wilayah pantai Laut Hitam kami. Itu demi kebaikan mereka sendiri," kata Wamenlu Rusia itu.

Ryabkov mengecam AS dan NATO karena "mengubah Ukraina menjadi tong mesiu," dan mengatakan AS dan negara-negara NATO lainnya telah melakukan kegiatan militer di wilayah Ukraina selama bertahun-tahun, yang menimbulkan ancaman serius bagi keamanan Rusia.

Menanggapi peringatan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bahwa jika Rusia bertindak "agresif atau sembrono" terhadap Ukraina, itu akan ada konsekuensi dan konsekuensi, tekan dia.

Ryabkov mengatakan Rusia akan terus melindungi penduduk berbahasa Rusia di Donbas, timur Ukraina.

"Pertama, kami telah bekerja dengan baik pada apa yang telah mereka lakukan sejauh ini. Kedua, kami beradaptasi dengan sangat baik. Ketiga, kami tidak berpikir bahwa terminologi seperti `harga`, `pembayaran` dapat diterapkan. Kami hanya membela kepentingan kami, kami sedang memikirkan kepentingan populasi berbahasa Rusia," ucap dia.

Ryabkov menambahkan bahwa ancaman apa pun hanya memperkuat keyakinan Rusia bahwa dia berada di jalur yang benar dan sebagai musuh Rusia, AS melakukan segalanya untuk merusak posisi Rusia di arena internasional.

"Kami tidak melihat ada elemen lain dalam pendekatan kepada kami," kata dia.

Konflik di tenggara Ukraina telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Otoritas Kyiv dan kelompok separatis saling menuduh melanggar gencatan senjata.

Ukraina juga menuduh Rusia membawa pasukan ke perbatasannya. Moskow mengatakan itu adalah tanggapan atas "tindakan provokatif Kyiv".

KEYWORD :

Rusia Laut Hitam Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :