Kamis, 25/04/2024 08:53 WIB

Vaksin COVID-19 Buatan Meksiko Kemungkinan Siap Tahun Ini

Jika jalurnya berhasil, vaksin

Seorang apoteker memegang botol berisi vaksin virus corona Pfizer-BioNTech (COVID-19) pada hari pembukaan pusat vaksinasi di Festhalle di Frankfurt, Jerman, Jerman 19 Januari 2021. (Foto: Die Welt)

Meksiko City, Jurnas.com - Meksiko sedang mengembangkan vaksin COVID-19, yang kemungkinan dapat diberikan persetujuan untuk penggunaan darurat tahun ini.

Kepala Dewan Nasional Sains dan Teknologi (Conacyt), Maria Elena Alvarez-Buylla, mengatakan dalam konferensi pers pada Selasa (13/4), vaksin yang sedang dikembangkan dapat diberikan persetujuan pada November atau Desember tahun ini.

Uji klinis dengan sukarelawan dapat dimulai bulan ini, menurut Avimex, perusahaan farmasi hewan yang memimpin pengembangan vaksin di Meksiko.

Jika jalurnya berhasil, vaksin "Patria" dapat membantu Meksiko dan negara berkembang lainnya yang telah berjuang untuk mengamankan pasokan tembakan buatan luar negeri yang diambil oleh negara-negara kaya.

Meksiko sejauh ini telah memperoleh 16,9 juta dosis vaksin untuk 126 juta populasinya, semuanya dari perusahaan asing termasuk Pfizer-BioNTech, Sinovac, AstraZeneca, CanSino dan Sputnik V, menurut data pemerintah.

Biaya untuk memperoleh vaksin Avimex akan 800 persen lebih rendah daripada vaksin asing yang diimpor, kata pemerintah.

Meksiko telah melaporkan 2.286.133 infeksi dan 210.294 kematian akibat COVID-19, jumlah kematian tertinggi ketujuh per kepala populasi di dunia, menurut Universitas Johns Hopkins.

Pemerintah mengatakan jumlah kasus sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih tinggi, dan data kementerian kesehatan yang terpisah menunjukkan jumlah kematian sebenarnya mungkin setidaknya 60 persen di atas angka yang dikonfirmasi.

Patria sedang dikembangkan dengan teknologi dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York da protein HexaPro yang dikembangkan oleh University of Texas di Austin.

Perusahaan mengatakan menggunakan teknologi yang ada dari vaksin influenza hewan, yang telah terbukti aman bagi manusia, untuk vaksin COVID-19 yang efektif.

"Setelah menganalisis platform teknologi yang dimilikinya, Avimex menentukan bahwa virus penyakit Newcastle rekombinan (rNDV) berpotensi untuk keberhasilan vaksin COVID-19," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Vaksin versi lain akan memasuki uji klinis sebagai suntikan di Brasil, Thailand dan Vietnam. Ini memiliki susunan molekul yang sama menggunakan konstruksi HexaPro di rNDV, dan dikembangkan oleh institut AS dan mitra penelitian di negara-negara tersebut.

Versi Avimex, bagaimanapun, adalah satu-satunya yang akan diuji menggunakan virus aktif, kata juru bicara perusahaan. Versi Avimex juga satu-satunya yang diuji sebagai semprotan intranasal dan juga injeksi, katanya.

"Kementerian luar negeri Meksiko dan Conacyt menyumbangkan dana," kata Avimex.

Perusahaan mengatakan akan merencanakan produksi skala industri di dua pabrik baru segera setelah hasil uji coba tahap 1 dan 2 berhasil. (Reuters)

KEYWORD :

Patri Vaksin COVID-19 Meksiko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :