Rabu, 17/04/2024 06:06 WIB

Daniel Dhakidae Wafat, PDIP: Beliau Ikon Pemikiran Kritis

Pengembaraan Intelektual Daniel Dhakidae Bermuara pada Pancasila

Daniel Dhakidae (alm), pemikir dan intelektual Indonesia

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan menyampaikan belasungkawa mendalam atas meninggalnya intelektual kritis Daniel Dhakidae.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Daniel Dhakidae adalah sosok yang sangat konsisten di dalam sikap, pemikiran, dan keberaniannya untuk menjaga jarak dengan kekuasaan.

"Namun mampu memberikan landasan pemikiran komprehensif tentang gambaran ideal bangsa, negara, dan fondasi kebudayaan Indonesia," ujar Hasto.

"Ibu Megawati Soekarnoputri mengucapkan duka cita yang mendalam," lanjut Hasto.

Ia juga mengaku menjadi saksi, bagaimana Megawati berdialog selama berjam-jam dengan Bung Daniel Dhakidae. Dialog dengan sosok intelektual yang menjadi ikon pemikiran kritis tersebut terasa mendalam, jernih, dan mampu mengurai berbagai persoalan bangsa dalam cara pandang kritis, namun membumi.

Dalam seluruh pengembaraan intelektualnya, lanjut Hasto, yang menjadi legacy bagi Bung Daniel Dhakidae adalah muara pemikiran kritisnya yang mengungkap keseluruhan aspek tentang Pancasila.

"Kader-kader PDI Perjuangan yang tergabung di Badiklat, secara intens berdialog, melakukan perdebatan kritis, dalam tradisi intelektual yang ketat karena pengaruh Bung DD," jelas Hasto.

Dari dialog tersebut, lahirlah berbagai kerjasama yang kemudian tampil dalam Majalah Prisma: Soekarno Membongkar Sisi-sisi hidup Putra Sang Fajar; Prisma: Membongkar dan Merangkai Pancasila; dan Prisma: Republik dan Keadilan Sosial: Yang Teratas dan Yang Tertinggal.

Bagi PDI Perjuangan, Bung Daniel Dhakidae telah banyak membantu dan memberikan terang tentang bagaimana Partai juga harus bergumul dengan tradisi intelektual dengan pemikiran kritis.

"Sebab Bung Karno juga sosok pemikir besar yang selalu melakukan dialektika kritis dalam alam pikir yang terus mengembara dalam seluruh sejarah peradaban nusantara dan dunia," ucapnya.

Ia juga menyebut Bung Karno membumikan seluruh pemikiran tersebut dengan rasa cinta tanpa batas bagi Indonesia, sehingga harapan rakyat pun manpu dibingkai dalam pemikiran intelektual yang utuh.

Terakhir, PDI Perjuangan menyampaikan selamat jalan Bung Daniel Dhakidae, jalan intelektual yang telah Bung perkuat di PDI Perjuangan, dan legacy pemikiran Pancasila, akan selalu hidup.

"Menjadi daya gerak tidak hanya bagi kader PDI Perjuangan, namun juga menjadi metode dan sekaligus model untuk melihat  kegelapan kekuasaan dalam terang pemikiran intektual yang selalu menampilkan optimisme dalam jalan Pancasila," tuntas Hasto.

KEYWORD :

Daniel Dhakidae PDI Perjuangan Pancasila Hasto Kristiyanto pemikir Bung Karno




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :