Rabu, 24/04/2024 00:06 WIB

BIN: Generasi Milenial Jadi Target Utama Rekrutmen Kelompok Teroris

Ilustrasi Teroris (Foto: Via Duta Damai)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Intelijen Negara (BIN) menyebut kelompok teroris menjadikan generasi milenial sebagai target utama perekrutan. Apalagi, kelompok-kelompok teroris saat ini menggunakan media sosial untuk menyebarluaskan paham sesat mereka.

"Memang millennial ini menjadi target utama dari mereka," kata Deputi VII BIN, Wawan Purwanto dalam diskusi Polemik "Bersatu Melawan Teror", Sabtu (3/4).

Wawan mengungkapkan, paham radikalisme menyusup kepada generasi milenial, terutama yang tidak kritis atau menelan setiap informasi yang diterimanya, termasuk ajaran sesat.

Untuk itu, BIN mendorong agar generasi milenial, maupun pihak lain yang berada di dekat kaum milenial baik orangtua, guru dan lainnya selalu melakukan memeriksa, memeriksa ulang dan memeriksa silang setiap informasi yang diperoleh.

"Serta juga tanyakan pada ahlinya dengan maksud supaya kajian ini komprehensif. Apakah asbabun nuzul, sebab turunnya mahzab itu cocok. Sebab mereka sering menyitir ayat-ayat di medan perang bukan ke medan damai. Tekstual. Tekstual tanpa melihat sebabnya turunnya ayat ini sungguh berbahaya," katanya.

Diketahui, serangan teror bom bunuh diri di Katedral Makassar pada Minggu (28/3) melibatkan pasangan suami istri berusia muda. Sementara, serangan ke Mabes Polri pada Rabu (31/3) dilakukan seorang wanita yang juga masih berusia 25 tahun.

Dengan kondisi tersebut, Wawan mengatakan, orangtua berperan penting untuk mengawasi anak-anak mereka. Hal ini lantaran orangtua mengetahui watak anak.

"Yang biasanya riang jadi pemurung, yang biasanya nggak pergi kemana-mana tahu-tahu pulang minta uang. Dia hanya berbicara dengan networking yang ada di media sosial. Karena dia di drive di situ untuk melakukan apapun yang mereka bisa lakukan terkait dengan entah itu perakitan bom dan juga diisi dari pemikiran-pemikiran yang keliru dan juga pembenaran dari gerakannya itu," katanya.

BIN, kata Wawan juga terus melakukan patroli siber. Hal ini sebagai bagian mencegah penyebarluasan paham-paham radikal melalui dunia maya.

"Banyak juga yang kita ingatkan," katanya.

Wawan menambahkan alasan generasi milenial menjadi target utama perekrutan oleh kelompok teroris. Dikatakan, kelompok milenial tidak banyak tanggungan, lebih berani dan emosional.

"Dan lebih berpikir pragmatis apalagi ada iming-iming masuk surga dan lain-lain," katanya.

KEYWORD :

Badan Intelijen Negara BIN Teroris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :