Rabu, 24/04/2024 07:06 WIB

Wamendag: Dua PP Turunan UU Ciptaker Sudah Rampung

Kementerian Perdagangan (Kemendag) sudah menyelesaikan penyusunan dua Peraturan Pemerintah (PP), sebagai turunan dan implementasi UU Cipta Kerja (Ciptaker).

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) sudah menyelesaikan penyusunan dua Peraturan Pemerintah (PP), sebagai turunan dan implementasi UU Cipta Kerja (Ciptaker).

Demikian disampaikan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, dalam pertemuan dengan para wakil menteri lintas kementerian beberapa hari lalu. Jerry mengungkapkan, dua aturan itu berfokus pada kemudahan perizinan dan perbaikan sistem pelayanan.

"Sejauh ini Kemendag sudah menyelesaikan dua Peraturan Pemerintah sesuai amanat UU Cipta Kerja. Inti tujuan dua aturan tersebut adalah kemudahan perizinan berusaha di bidang Perdagangan. Kami perbaiki juga sistemnya. Ke depannya pengurusan izin akan serba online dan terintegrasi jadi akan memudahkan pengusaha dan investor," ungkap Jerry kepada awak media pada Rabu (31/3).

Kemudahan perizinan dan sistem yang terintegrasi serta online, lanjut Wamendag, merupakan manifestasi dari visi Presiden Joko Widodo, untuk melakukan transformasi ekonomi sesuai dengan Industri 4.0.

Wamendag memastikan pihaknya akan terus meningkatkan kapasitas internal, agar pelaksanaan UU Cipta Kerja bisa sesuai dengan arah yang diharapkan oleh Presiden RI.

UU Cipta Kerja mulai berlaku pada 2 November 2020. UU tersebut mengamanatkan agar peraturan pelaksanaannya ditetapkan tiga bulan sejak peraturan tersebut diundangkan.

Dua aturan yang sudah disusun oleh Kementerian Perdagangan adalah dua Peraturan Pemerintah sebagai peraturan pelaksana UU Cipta Kerja yakni PP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (PP RBA) dan PP Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perdagangan (PP Perdagangan).

Rapat koordinasi para wamen diinisiasi oleh Wamenkumham Prof Eddy OS Hiariej. Ke-12 Wamen itu bertemu untuk bersinergi dan berkomunikasi mengenai peraturan turunan UU Cipta Kerja. Tujuannya agar aturan yang disusun oleh Kementerian dan Lembaga harmonis dan tidak tumpang tindih.

UU Ciptaker mendapatkan sambutan baik dari mitra-mitra ekonomi, perdagangan dan investasi Indonesia. Menurut Jerry, sambutan baik itu sering diberikan ketika ia bertemu dengan perwakilan negara mitra. Karena itu ia optimistis UU Ciptaker bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui investasi dan kemudahan berusaha.

"Tinggal bagaimana kami di kementerian dan lembaga menerjemahkan UU Ciptaker ini dalam aturan turunan yang juga harmonis dan implementatif. Karena itu kami akan terus meningkatkan komunikasi antar lembaga melalui berbagai mekanisme," imbuh Jerry.

 
 

The Ministry of Trade (Kemendag) has completed the preparation of two Government Regulations (PPs), as derivatives and implementation of the Job Creation Law (Ciptaker).

 

KEYWORD :

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga Wamendag UU Cipta Kerja Peraturan Pemerintah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :