Rabu, 24/04/2024 05:04 WIB

Petrosea Catat Laba Bersih Hingga US$32 Juta di Tahun 2020

PT. Petrosea Tbk

Jakarta, Jurnas.com - Emiten konstruksi pertambangan dan energi, PT. Petrosea Tbk berhasil mencatatkan kinerja yang solid di tahun 2020, meski ekonomi global penuh ketidakpastian akibat pandemi COVID-19.

Tercatat pada tahun 2020, laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai US$32,28 juta, naik 3,53% dibanding 2019 sebesar US$31,18 juta.

Perusahaan juga berhasil meningkatkan posisi kas tahun 2020 menjadi US$133,95 juta, atau naik 59,12% dibandingkan 2019.

Kinerja perseroan ini tergolong sangat bagus, walaupun mengalami penurunan total pendapatan sebesar 28,49% menjadi US$340,65 juta dikarenakan pembatasan sosial yang diberlakukan di pasar internasional.

Presiden Direktur Petrosea, Hanifa Indradjaya mengatakan, pihaknya telah memulai sejak tahun 2018 Project Minerva, sebagai langkah strategis untuk melakukan transformasi digital kegiatan operasional perusahaan dan menjadikan Petrosea sebagai yang terdepan dalam hal technology adoption.

Hal itu juga untuk menopang keberlangsungan usaha perusahaan dan membuat Petrosea lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan yang sangat berat di masa pandemi Covid-19.

"Berkat kesuksesan Project Minerva, kami dapat meningkatkan operational excellence dan financial performance di tahun yang sulit ini, serta mampu menjaga tingkat saldo kas yang sangat sehat demi mendukung kegiatan operasional Perusahaan," kata Hanifa Indradjaya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/3/2021).

Sebagai kelanjutan dari inisiatif strategis tersebut, sejak akhir 2019 Petrosea meluncurkan strategi 3D, yaitu Diversifikasi, Digitalisasi, dan Dekarbonisasi yang akan menjadi enabler dan pilar kunci perusahaan untuk terus mengembangkan value proposition kepada seluruh pelanggan, investor, dan stakeholder.

Hanifa mengatakan strategi Dekarbonisasi juga sangat penting untuk dilaksanakan, supaya kedepannya Petrosea dapat memanfaatkan energi dengan cara yang jauh lebih efisien dan ramah lingkungan untuk kepentingan generasi yang akan datang.

Di tahun 2021, Petrosea juga menerima beberapa penghargaan sebagai cerminan dari kinerja perusahaan dalam satu tahun terakhir, yaitu dipilihnya Petrosea sebagai salah satu dari perusahaan Indonesia terbaik oleh Forbes Indonesia dalam edisi “50 Best of the Best 2020 Companies” yang didasarkan pada kinerja fundamental jangka panjang perusahaan.

Selain itu, Petrosea juga mendapat penghargaan dari International Data Corporation (IDC) sebagai “Operating Model Master” dan “Talent Accelerator” di ajang IDC DX Digital Transformation Awards 2020 yang memberikan pengakuan kepada perusahaan yang sukses melakukan terobosan signifikan melalui transformasi digital di kawasan Asia Pasifik.

Seperti diketahui, Petrosea adalah perusahaan multi-disiplin yang bergerak di bidang kontrak pertambangan, rekayasa, pengadaan konstruksi serta jasa minyak dan gas bumi dengan jejak langkah di Indonesia selama lebih dari 49 tahun.

Pada tahun 1990, Petrosea menjadi perusahaan rekayasa dan konstruksi Indonesia pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX: PTRO).

Petrosea didukung penuh oleh pemegang saham utamanya, PT Indika Energy Tbk yang merupakan perusahaan energi di Indonesia yang menyediakan solusi energi terpadu melalui investasinya di bidang sumber daya energi, jasa dan infrastruktur.

KEYWORD :

PT. Petrosea Tbk Hanifa Indradjaya laba pendapatan minyak dan gas bumi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :